Jakarta – Barcelona akhirnya memecat Ernesto Valverde dari posisi pelatih. Klub Liga Spanyol itu menunjuk Quique Setien sebagai penggantinya.

Valverde diberhentikan oleh presiden klub Josep Maria Bartomeu seusai rapat di Ciudad Deportiva pada Senin pagi waktu setempat.

Pemecatan itu dilakukan tak lepas dari performa buruk Barca di semifinal Piala Super Spanyol. Mereka saat itu takluk dari Atletico Madrid.

Sebelumnya, Barcelona sempat menawari Xavi Hernandez untuk mengisi posisi tersebut. Namun, legenda Barca itu menolak.

Siapapakh Quique Setien yang kini menjadi pilihan Barca?

– Ia berasal dari Spanyol. Lahir di Santander pada 27 September 1958. Kini usianya menginjak 61 tahun.

– Ia adalah mantan pemain. Ketika masih aktif ia berposisi sebagai gelandang tengah. Ia antara lain pernah memperkuat Racing Santander, Atletico Madrid, dan Levante. Di Timnas Spanyol, ia pernah bermain tiga kali.

– Karier kepelatihannya dimulai di Racing Santander pada 2001. Ia membat klub itu promosi ke La Liga. Ia kemudian menangani Poli Ejido, Equatorial Guniea, dan Logrones. Namanya mulai menanjak setelah menangani Las Palmas pada 2015. Dua tahun kemudian ia dipercaya menangani Real Betis. Sempat membawa klub itu lolos ke Liga Europa dan ke semifinal Copa del Rey, akhirnya akhirnya didepak pada akhir musim lalu karena hubungan yang buruk dengan petinggi klub.

– Namanya sudah dihubung-hubungkan sebagai calon pelatih Barcelona sejak masih menangai Betis. Filosofi bermainnya dinilai pas dengan klub Catalan itu: menyerang dengan mengandalkan penguasaan bola.

– Sebelumnya, Marca menyebut Setien sebagai solusi pas untuk mengisi posisi sementara sebelum Barcelona menunjuk Xavi Hernandez pada musim depan. Namun, Barcelona ternyata mengikat Quique Setien untuk kontrak jangka panjang, hingga Juni 2022.