Eks penyerang Arsenal Alan Smith mengatakan Carlo Ancelotti akan jadi opsi yang salah bagi The Gunners untuk menggantikan Unai Emery.

Arsenal saat ini masih aktif mencari pengganti Unai Emery. Sejumlah nama dikaitkan dengan The Gunners.

Mulai dari Massimiliano Allegri, Niko Kovac, Mikel Arteta, Mauicio Pochettino, hingga manajer interim mereka sendiri yakni Freddie jungberg. Untuk nama terakhir ini, ia banyak didukung untuk jadi pengganti manajer Emery karena ia tahu betul klub tersebut.

Namun Arsenal juga didukung untuk segera mendaratkan Ancelotti. Apalagi sekarang ia menganggur pasca didepak oleh Napoli.

Namun Alan Smith merasa bahwa Arsenal tak perlu memboyong Carlo Ancelotti ke Emirates Stadium. Sebab ia bukan tipe manajer yang dibutuhkan oleh The Gunners.

Menurut Smith, Arsenal saat ini butuh manajer yang inovatif. Sementara menurutnya Ancelotti adalah manajer old school.

“Bagi saya, seseorang seperti Carlo Ancelotti akan menjadi pilihan yang salah. Tak peduli sesukses apapun orang Italia itu, ia lebih merupakan manajer lawas yang mengukuhkan kapal melalui manajemen manusia yang cerdas,” tuturnya pada London Evening Standard.

“Kesulitan Arsenal telah bergerak lebih jauh dari itu. Dibutuhkan seorang visioner tangguh yang dapat meraih skuat ini dan membentuk cara bermain yang, dalam jangka pendek, akan mencapai hasil yang lebih baik dengan membuat tim lebih sulit untuk dilawan,” cetus Smith.

Alan Smith kemudian mengaku ia sudah memiliki kandidat yang cocok bagi Arsenal. Kandidat itu bukan Freddie Ljungberg tapi Mikel Arteta.

“Saya mengatakannya minggu lalu dan saya akan mengatakannya lagi. Mikel Arteta memiliki apa yang diperlukan. Saya hanya berharap bahwa dewan Arsenal merasakan hal yang sama,” serunya.

Mikel Arteta sendiri saat ini menjadi asisten Josep Guardiola di Manchester City. Guardiola sendiri mengisyaratkan bahwa Arteta suatu hari nanti akan meneruskan tugasnya di Etihad Stadium dan bukan di Arsenal.