Federico Valverde kembali tampil bagus untuk Real Madrid. Pemain asal Uruguay tersebut menjadi ‘nyawa’ di lini tengah saat Real Madrid menang atas Espanyol pada laga Sabtu (7/12/2019) malam WIB di Bernabeu.

Real Madrid menang dengan skor 2-0 pada laga pekan ke-16 La Liga musim 2019/2020 tersebut. Dua gol Madrid dicetak Raphael Varane dan Karim Benzema. Real Madrid kini mendapat 34 poin dari 15 laga yang sudah dimainkan.

Real Madrid sebenarnya mengakhiri laga dengan sepuluh pemain. Sebab, Benjamin Mendy mendapat kartu merah pada menit 83, tepatnya kartu kuning kedua. Namun, momen ini tidak banyak mengubah jalannya laga.

Tambahan tiga gol, membuat Real Madrid menjadi tim pertama yang mampu mencatat 1700 poin di La Liga. Real Madrid pun tercatat sebagai tim dengan raihan poin paling banyak dalam sejarah La Liga.

Fede Valverde dimainkan sejak menit pertama oleh pelatih Zinedine Zidane pada laga kontra Espanyol. Pemain berusia 21 tahun tersebut dipilih sebagai starter dan Luka Modric harus duduk di bangku cadangan.

“Fede Valverde sudah berada di sini selama bertahun-tahun, karena dia mampu menunjukkan kualitasnya. Dia adalah pemain penting, tetapi saya tidak suka bicara individu,” ucap Zinedine Zidane dikutip dari Marca.

Fede Valverde, berdasar catatan statistik Squawka, tampil sangat dominan di laga melawan Espanyol. Dia memiliki 87 persen umpan akurat, dengan 43 umpan di daerah lawan. Fede Valverde juga melakukan lima kali upaya merebut kembali penguasaan bola dari lawan.

Fede Valverde sangat piawai saat tim sedang membangun serangan maupun ketika harus bertahan. Mantan pemain Penarol tersebut menyumbang satu assist bagi terciptanya gol Karim Benzema. Dia menjadi nyawa baru bagi lini tengah Madrid.

“Dia masih sangat muda, tetapi ketika dia bermain di lapangan, dia mampu menjalankan tugasnya dengan baik,” ucap Zidane.

Meskipun sejauh ini mampu tampil bagus di skuad utama Real Madrid, tidak ada jaminan bagi Fede Valverde akan terus tampil reguler. Zinedine Zidane bakal menerapkan standar yang tinggi karena dia punya banyak pilihan di lini tengah.

“Kami punya banyak pilihan di lini tengah. Saya senang jika semua pemain siap dan masing-masing melakukannya dengan baik ketika tiba gilirannya untuk bermain,” katanya.

Selain Fede Valverde, Zidane masih punya banyak pilihan lain. Casemiro dan Toni Kroos punya peran yang penting. Luka Modric juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Zidane juga masih punya Isco dan James Rodriguez.