oleh

Fulham Jadi Tim Promosi Pertama ke Liga Inggris 2022-2023

Fulham dipastikan kembali ke Premier League musim 2022/2023. Pasalnya, Fulham resmi menjadi tim pertama yang promosi dari Championship ke Premier League musim ini.

Kepastian itu didapat Fulham usai meraih kemenangan saat berjumpa Preston Nort End pada pekan ke-43 Championship, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB. Bermain di Craven Cottages, Fulham menang dengan skor telak yakni 3-0.

Gol-gol Fulham pada laga tersebut dicetak oleh Aleksandar Mitrovic (2) dan Fabio Carvalho. Sepanjang musim, keduanya menjadi bagian penting dari sukses Fulham meraih satu slot promosi ke Premier League.

Fulham kini telah mendapatkan 86 poin dari 42 laga yang dimainkan. Jumlah poin yang didapat tim racikan Marco Silva tidak mungkin dikejar Huddersfield yang berada di posisi ketiga klasemen dengan 73 poin dari 43 laga.

Tiga tim dari Championship akan promosi ke Premier League pada musim 2022/2023 nanti. Fulham menjadi satu dari tiga tim yang promosi. Masih ada dua slot lagi yang akan diperebutkan oleh beberapa tim Championship lain.

Sebagai informasi, dari tiga slot promosi, dua bisa didapat secara langsung dari posisi klasemen Championship. Dua tim teratas klasemen akhir akan otomatis ke Premier League. Sementara, satu slot diperebutkan lewat play-off tim peringkat ke-3 hingga 6.

Bournemouth saat ini berada di posisi kedua klasemen dengan 77 poin. Bournemouth unggul empat poin dari Huddersfield yang berada di posisi ketiga. Bournemouth berada di atas angin karena masih punya dua laga tunda.

Sementara, persaingan di zona play-off bakal sangat seru. Huddersfield (73), Luton Twon (71), Nottingham (70) punya kans besar untuk masuk zona play-off. Lalu, ada Sheffield United (66) dan Millwall (65) yang juga bersaing dengan ketat.

Selain promosi, dari Championship juga bakal ada tiga tim yang turun kasta ke League One atau kasta ketiga. Dua tim sudah pasti degradasi yakni Barnley dan Derby County. Mereka berada di posisi dua terbawah.

Bagi Derby, ini adalah kisah yang tragis. Pasukan Wayne Rooney tampil bagus dan mampu meraih 13 kemenangan dan 13 hasil imbang. Tapi, pengurangan 21 poin akibat krisis finansial yang dialami klub membuat mereka harus turun kasta.

Satu tim lagi yang mungkin akan degradasi adalah Peterborough. Saat ini, Peterborough berada di posisi ke-22 dan tertinggal tujuh poin dari Reading yang ada di zona aman. Masih ada tiga laga bagi Peterborough untuk dimainkan dan peluang mereka sangat sulit.