hasil liga champions terbaru – Persaingan di liga-liga Eropa bakal selesai tak lama lagi. Real Madrid dan Barcelona terus berebut untuk menjadi juara La Liga.

Namun, Liga Inggris bisa dikatakan kompetisi yang paling menyita atensi pencinta sepak bola dunia. Ajang kasta tertinggi di Inggris itu kerap menyuguhkan pertempuran seru dan menarik dalam beberapa musim.

Namun, musim ini Liga Inggris mungkin sedikit kurang menarik. Acuannya jelas, Liverpool yang berada di puncak klasemen sementara Premier League, terlalu cepat dan jauh meninggalkan pesaing dalam perburuan gelar.

The Reds unggul jauh atas klub langganan lima besar seperti Manchester City, Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Tottenhan Hotspur. Saat ini, Liverpool sudah mengumpulkan 82 poin dan unggul 25 angka atas Manchester City sebagai pesaing tedekatnya.

Selain unggul dalam hal poin, Liverpool juga memiliki pertahanan yang cukup baik. Bahkan, catatan kebobolan skuat asuhan Jurgen Klopp itu menjadi satu di antara yang terbaik di Liga Eropa.

Sektor pertahanan punya arti yang sangat penting dalam sepak bola. Tanpa pertahanan yang kuat, sebuah tim sepak bola tentu akan sulit untuk mencapai targetnya.

Pelatih legendaris Sir Alex Ferguson pernah berkata, “Menyerang membuatmu memenangkan pertandingan, pertahanan memberikanmu gelar.”

Pernyataan tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar. Namun, beberapa tim sudah membuktikan bahwa pertahanan yang bagus bisa memberikan hasil. Musim ini, selain Liverpool ada empat tim di liga top Eropa yang paling sedikit kebobolan.

Berikut ini kami merangkum dari Sportskeeda, Minggu (8/3/2020), 5 klub dengan pertahanan terbaik di Liga Eropa, salah satunya Real Madrid.

5. Inter Milan

Sejak ditangani Antonio Conte, Inter Milan menjadi klub calon peraih scudetto musim ini. La Beneamata masuk jajaran klub calon juara Serie A musim ini bersama Juventus dan Lazio.

Saat ini, Inter Milan berada di urutan ketiga klasemen sementara Serie A dengan 54 poin. Dari 24 laga yang sudah dimainkan, Nerazzuri meraih 16 kali menang dan 6 kali imbang.

Di Serie A, Inter Milan menjadi klub paling sedikit kebobolan. Hingga kini, gawang La Beneamata baru kemasukkan 22 gol.

Sedikitnya angka kebobolan tersebut tentunya menunjukkan Inter Milan memiliki pertahanan yang kuat. Hal tersebut tentunya tak lepas dari skema yang sering diterapkan Conte, yakni 3-5-2.

Formasi tersebut dianggap cukup baik saat menyerang dan kuat saat bertahan.

4. Stade Reims

Klub asal Prancis, Stade Reims secara mengejutkan masuk dalam jajaran tim dengan pertahanan paling kukuh di Eropa. Stade Reims berhasil mengungguli klub-klub terbaik di Ligue 1 seperti Paris Saint Germain, AS Monaco atau Marseille.

Musim ini, Stade Reims baru kebobolan sebanyak 21 gol di Ligue 1. Catatan tersebut menjadikan Reims sebagai klub dengan pertahanan terbaik di kasta teratas sepak bola Prancis.

Saat ini, Stade Reims berada di urutan kedelapan klasemen sementara Ligue 1 dan mengungguli klub seperti OG Nice dan AS Monaco. Sayang, pertahanan solid Stade Reims berbanding terbalik dengan sektor penyerangan.

Stade Reims baru mencetak 25 gol di Ligue 1 musim ini.

3. Liverpool

Performa apik Liverpool di Premier League musim ini tentunya tak lepas dari sektor pertahanan yang solid. Empat pemain belakang Liverpool, Virgil van Dijk, Joe Gomes, Andy Robertson dan Trent Alexander Arnold membentuk pertahanan terbaik.

Bahkan, pemain seperti Joel Matip tetap mampu membangun chemistry bersama pemain belakang lainnya. Musim ini, Liverpool baru kebobolan 20 gol di Premier League.

Selain memiliki pertahanan yang solid, Liverpool juga mempunyai sektor penyerangan bagus. Tercatat, The Reds bisa mencetak lebih dari tiga gol dalam 8 pertandingan.

2. Atletico Madrid

Bukan rahasia umum lagi jika Atletico Madrid memiliki pertahanan yang kukuh. Hal tersebut tak lepas dari sosok Diego Simione yang dikenal sering menerapkan lini belakang yang sulit ditembus lawan.

Musim ini, Los Rojiblancos baru kebobolan 19 gol di La Liga. Meski memiliki pertahanan yang solid, Atletico Madrid justru berada di luar zona empat besar La Liga.

Skuat asuah Diego Simione itu berada di urutan kelima klasemen sementara dengan 45 poin. Dari 27 pertandingan yang sudah dimainkan, Atletico Madrid meraih 11 kemenangan dan 12 kali imbang.

1. Real Madrid

Real Madrid tampil lebih meyakinkan di La Liga musim ini. Hal itu dibuktikan dengan menjadi pemuncak klasemen sementara La Liga pada pekan ke-26.

Saat ini, El Real sudah mengumpulkan 56 poin dari hasil 16 menang dan 8 imbang. Terakhir, Real Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 2-0 pada laga bertajuk El Clasico.

Barcelona tak bisa membobol gawang Real Madrid dalam dua edisi El Clasico musim ini. Sejauh ini, Real Madrid baru kebobolan 17 gol di pentas La Liga 2019-2020.