Pep Guardiola dan Jurgen Klopp secara tersurat sepakat agar para pemain di klub tak perlu mengikuti panggilan tim nasional. Menurutnya, minimnya kasus COVID-19 belakangan ini karena pemain-pemain di Liga Inggris ‘tidak berpindah-pindah tempat’.

“Alasan mengapa dulu ada banyak kasus di Liga Inggris, dan sekarang hampir tidak ada kasus, karena orang-orang tidak bergerak,” kata manajer Manchester City bulan lalu.

“Dari rumah ke tempat latihan, dari tempat latihan ke rumah. Dari rumah ke stadion, dari stadion ke rumah. Makanya lebih aman. Tapi saat Anda naik pesawat dan bepergian, saya tidak tahu, semuanya bisa terjadi.”

Beberapa pemain terbaik Liga Inggris, sebut saja Bruno Fernandes, Alisson, Sergio Aguero, James Rodriguez, Ruben Dias, Fabinho, Richarlison, dan lain-lain, akan dipanggil masuk tim nasional pada kualifikasi Piala Dunia. Tentu ini akan menjadi risiko.

Risiko itu sendiri adalah satu masalah, yang lainnya adalah fakta bahwa masing-masing dari mereka harus dikarantina di tempat yang disetujui pemerintah selama berhari-hari setelah mereka kembali ke negara itu. Tidak ada pengecualian untuk atlet elite.

Karena kendala ini, FIFA telah memberikan izin kepada klub untuk menahan pemain mereka untuk babak kualifikasi ini, yang akan dihadapi Liverpool. Mereka benar dan bukan hanya karena skuad mereka dilanda cedera serius.

Ada lonjakan kasus positif COVID selama jeda internasional terakhir pada bulan November, dengan mencatat 24 kasus positif selama dua minggu dibandingkan dengan delapan pada periode sebelumnya.

Mohamed Salah, Mohamed Elneny, Matt Doherty dan Luka Milivojevic termasuk di antara para pemain yang terjangkit virus saat menjalani tugas internasional. Son Heung-min harus dikarantina di sebuah hotel di Austria saat bersama Korea Selatan setelah enam rekan satu timnya dinyatakan positif.

Serangkaian pertandingan harus dibatalkan, seperti pertandingan UEFA Nations League Ukraina vs Swiss dan Norwegia vs Rumania. Interval internasional sebelumnya pada September dan Oktober juga menyebabkan Cristiano Ronaldo terjangkit, Kylian Mbappe dan Stuart Armstrong di antara mereka yang terkena virus.

Kasus terakhir menimpa gelandang Skotlandia dan Arsenal, Kieran Tierney harus mengisolasi diri selama 14 hari.

“Saya pikir FIFA cukup jelas bahwa kami tidak harus melepas para pemain kali ini, dan saya pikir semua klub setuju bahwa dengan masalah yang sama, kami tidak bisa begitu saja membiarkan para pemain pergi dan kemudian berbicara ketika mereka datang. kembali dengan menempatkan pemain kami dalam karantina 10 hari di hotel, itu tidak mungkin,” kata manajer Liverpool Jurgen Klopp.

“Saya memahami kebutuhan dari FA yang berbeda, tapi ini adalah saat di mana kami tidak bisa membuat semua orang bahagia dan kami harus mengakui bahwa para pemain dibayar oleh klub jadi itu berarti klub harus menjadi prioritas pertama.”