oleh

Lawan Prancis, Maroko Bakal Beri Kejutan di Semifinal Piala Dunia 2022

Tim nasional Maroko sukses menarik perhatian para penggemar bola di dunia dengan gebrakannya. Tim berjulukan Singa Atlas (Atlas Lion) ini berhasil melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Pencapaian timnas Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar terbilang sangat gemilang.

Maroko pun menjadi negara Afrika pertama yang berhasil sampai pada babak semifinal.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya, negara Afrika hanya mentok di quarter final, yakni Kamerun di Piala Dunia 1990 Italia, Senegal di Piala Dunia 2002 Korea-Jepang, dan Ghana di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Untuk mencapai babak semifinal ini, lawan yang harus disingkirkan Achraf Hakimi pun bukan lawan biasa. Ada Belgia, Kanada, Kroasia, Spanyol dan terbaru Portugal.

Selain menjadi negara Afrika pertama yang mencapai babak semifinal, Maroko juga telah mencetak beberapa rekor di sejarah Piala Dunia. Berikut beberapa rekor tersebut dilansir dari situs resmi FIFA:

1. Negara Afrika Pertama yang Mendapatkan Poin

Rekor pertama Maroko di Piala Dunia adalah menjadi negara Afrika pertama yang mendapatkan poin di babak kualifiksi grup. Saat itu Maroko berada di grup 4 bersama Jerman Barat, Peru, dan Bulgaria.

Point pertama itu didapatkan setelah Maroko menahan imbang Bulgaria 1-1, setelah sebelumnya kalah 1-2 melawan Jerman barat dan 0-3 melawan Peru.

Perlu diketahui sebelumnya negara Afrika yang tampil di Piala Dunia hanyalah Mesir, yakni pada Piala Dunia 1934 Italia. Saat itu Mesir kalah 2-4 melawan Hunggaria.

Lalu pada Piala Dunia 1938-1968, tidak ada sama sekali negara Afrika yang berhasill lolos ke Piala Dunia.

2. Negara Afrika Pertama yang Capai Babak Gugur dan Memimpin Klasemen Grup

Piala Dunia 1986 menjadi titik bersejarah bagi Maroko. Piala Dunia yang diadakan di Meksiko dari 31 Mei hingga 29 Juni 1986 ini menjadi pertama kalinya negara Afrika lolos babak kuaifikasi grup dan maju ke babak knockout.

Selain menjadi negara Afrika pertama yang maju ke babak knockout, Maroko juga menjadi negara Afrika pertama yang memimpin klasemen grup.

Saat itu Maroko berada di Grup F bersama Polandia, Inggris, dan Portugal. Maroko berhasil menahan imbang Polandia dan Inggris, serta mengalahkan Portugal 3–1.

Maroko memimpin klasemen Grup F dengan 4 poin. Menyusul Maroko, di bawah mereka ada Inggris dan Polandia dengan 3 poin, serta Portugal dengan 2 point.

3. Negara Afrika dengan Poin Tertinggi

Di Piala Dunia 2022, Maroko selain mencatatkan sejarah sebagai negara Afrika pertama yang lolos ke babak semifinal, juga menjadi negara Afrika dengan point kualifikasi grup terbanyak.

Maroko yang tergabung di Grup F dengan Belgia, Kanada, dan Kroasia, berhasil memimpin klasemen grup dengan jumlah keseluruhan 7 point.

Hasil tersebut didapat dari menahan imbang Kroasia 0-0, serta mengalahkan Belgia 2-0 dan Kanada 2-1.

Point yang didapatkan Maroko ini mengalahkan poin tertinggi negara Afrika sebelumnya, yakni Nigeria di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat dan di Piala Dunia 1998 Francis, serta Senegal di Piala Dunia 2022 Qatar. Masing-masing mengumpulkan 6 poin.

4. Negara Afrika Pertama yang Melakukan Gol Bunuh Diri

Di antara banyaknya rekor hebat di Piala Dunia, sayangnya Maroko juga menuliskan rekor memalukan.

Pada Piala Dunia 1998 Prancis, Maroko menjadi negara Afrika pertama yang menghasilkan gol bunuh diri.

Saat itu Maroko berada di Grup A bersama Brasial, Norwegia, dan Skotlandia. Di pertandingan melawan Norwegia, pemain Maroko bernama Youssef Chippo melakukan gol bunuh diri. Gol itu membuat hasil akhir berupa imbang 2-2.

Hasil imbang ini membuat Maroko tidak lolos babak kualifikasi grup, setelah berada di urutan ketiga di bawah Brasil dan Norwegia.

5. Calon Negara Afrika Pertama di Final Piala Dunia

Salah satu semifinal mempertemukan Maroko dan Prancis. Pertandingan ini dijadwalkan akan diselenggarakan di Al Bayt Stadium pada Kamis 15 Desember 2022 pukul 02.00 WIB.

Walau Prancis lebih unggul di kertas, banyak yang tidak meremehkan Maroko mengingat title-nya sebagai kuda hitam Piala Dunia edisi saat ini.

Perlu diketahu bila Maroko berhasil mengalahkan sang juara bertahan, maka Maroko akan menjadi negara Afrika pertama yang mencapai final Piala Dunia.

Berikut prediksi susunan pemain Maroko vs Prancis:

Prancis (4-2-3-1): Lloris; Kounde, Varane, Upamecano, T Hernandez; Tchouameni, Rabiot; Dembele, Griezmann, Mbappe, Giroud.

Maroko (4-3-3): Bounou; Hakimi, El Yamiq, Benoun, Attiyat Allah; Ounahi, Amrabat, Amallah; Ziyech, En-Nesyri, Boufal.