Jakarta – Kabar baik menghampiri Persija Jakarta menjelang bergulirnya kembali kompetisi Shopee Liga 1 2020 pada Oktober ini. Pemain gelandang asing mereka, yakni Marc Klok, 27, sedikit lagi akan mendapatkan status warga negara Indonesia.

Pada pekan lalu, pemain asal Belanda sudah bertemu dengan para perwakilan DPR. Hal yang dilakukannya adalah memberikan berkas serta administrasi.

Proses ini sudah mendekati tahap akhir sebelum nantinya mantan pemain PSM Makassar ini mengucapkan sumpah, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan menghafalkan Pancasila.

“Benar saat ini memasuki proses administrasi di DPR. Saat ini saya harus menyelesaikan beberapa hal agar proses itu berlanjut ke tahap selanjutnya. Saya sendiri berharap semuanya bisa lancar apalagi di tengah situasi pandemi ini tidak mudah,” ujar Klok.

Memang untuk ini perjuangan Klok tidak mudah. Pertama, akibat pergantian menteri di kabinet yang menyebabkan proses administrasinya terhenti di Kemenpora dan kemudian ada pandemi virus corona.

“Intinya harus bersabar. Setelah proses di DPR rampung, lalu tunggu persetujuan Presiden. Setelah itu saya rasa prosesnya sudah selesai dan saya akan resmi menjadi warga negara Indonesia,” kata Klok.

Jika proses naturalisasi rampung tentunya akan jadi keuntungan bagi Persija. Dengan demikian tim Macan Kemayoran bisa menambah pemain asing lagi.

Tidak hanya itu jika rampung dalam waktu dekat, tak menutup kemungkinan gelandang bertahan Persija, Marc Klok, akan bisa tampil bersama Timnas Indonesia dalam lanjutan Pra-Piala Dunia 2022, Oktober, atau minimal bermain di Piala AFF.