Peran Mason Mount semakin penting untuk Timnas Inggris. Gelandang Chelsea ini nyaris tidak tergantikan, selalu jadi andalan Gareth Southgate.

Teranyar, Mount mencetak gol pemungkas kemenangan 2-0 Inggris atas Albania di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Minggu (28/3/2021) kemarin.

Laga ini merupakan laga ketujuh beruntun Mount sebagai starter The Three Lions. Ini membuktikan bahwa sekarang Mount merupakan salah satu pemain inti Inggris menyambut Euro 2020.

Performa dan catatan Mount ini juga diamati oleh analis Premier League, Martin Keown. Apa katanya?

Menurut Keown, saat ini Mount menjelma jadi salah satu pemain yang paling dipercaya, baik oleh pelatih maupun rekan-rekannya.

Mount selalu mencoba melakukan sesuatu saat membawa bola, yakni usaha membangun serangan untuk timnya.

“Mason Mount telah jadi starter di tujuh laga terakhir Inggris, dia membuktikan diri bisa jadi pemain berguna untuk Gareth Southgate karena kecerdasannya,” kata Keown di Daily Mail.

“Dari sudut pandang bek Inggris, ketika Anda mengalirkan bola ke Mount, Anda tahu bola tidak akan kembali. Dia akan bergerak ke depan dan mencoba melakukan sesuatu.”

Bahkan menurut Keown, saat ini Mount merupakan nyawa serangan Inggris. Kehadiran Mount memudahkan para striker, kini mereka tinggal menunggu bola kiriman Mount.

“Dia menjadi pemain vital dalam pembangunan serangan tim dan itu berarti Harry Kane bisa bertahan lebih tinggi di lapangan,” lanjut Keown.

“Ini adalah salah satu pertanda kecerdasan Mount, gol pembuka Inggris datang karena gempuran mereka di sisi kiri,” tutupnya.