oleh

Menang Penalti atas Prancis, Argentina Resmi Juara Piala Dunia 2022

Laga final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis, berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Minggu, 18 Desember. Hingga menit ke-117, kedudukan sementara 3-3. Pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Jalannya Pertandingan Argentina vs Prancis

Pada menit ke-23, Lionel Messi memberik gol pertama bagi Argentina lewat eksekusi penalti. Penalti diberikan wasit setelah Angel di Maria dilanggar Ousmane Dembele.

Pada menit ke-36, Argentina unggul 2-0. Gol kedua Argentina dicetak Angel di Maria. Pemain sayap kiri itu mendapat assist dari Aleixis Mac Allister yang mendapat umpan dari Lionel Messi.

Menit ke-41, Prancis yang tertinggal dua gol langsung membuat dua perubahan. Ousmane Dembele dan Olivier Giroud ditarik, digantikan Kolo Muani  dan Marcus Thuram 41.

Menit ke-79, Prancis mendapat penalti. Nicolas Otamendi melanggar Kolo Muani. Kylian Mbappe mampu mencetak gol dari titik penalti, pada menit ke-80.

Menit 81, Mbappe mencetak gol keduanya.

Menit 109, Messi mencetak gol. Kedudukan 3-2. Sebuah bola rebound tidak terjangkau kaki beberapa pemain dan akhirnya mendarat di kaki Messi yang menembakkan bola masuk ke gawang. Ada pemain Prancis yang menahan tapi sudah berada di belakang garis gawang.

Menit 116, Mbappe mencetak gol dari titik penalti. Skor 3-3. Ia untuk sementara memimpin daftar top skor sementara dengan delapan gol, unggul satu gol dari Messi.

Statistik Pertandingan Argentina vs Prancis

Argentina mendominasi penguasaan bola pada babak pertama (59 persen), namun dominasinya menurun pada babak kedua (54 persen). Prancis gagal mengarahkan satu pun tembakannya ke gawang lawan pada babak pertama, tapi mampu mendapat dua pada babak kedua, dan keduanya menjadi gol. Argentina meraih 10 tembakan terarah ke gawang.

Susunan Pemain Argentina vs Prancis

Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Angel Di Maria (Marcos Acuna 64), Lionel Messi (kapten), Julian Alvarez.
Pelatih: Lionel Scaloni.

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris (kapten); Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez (Eduardo Camavinga 61); Antoine Griezmann  (Kingsley Coman 71), Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Kolo Muani 41), Olivier Giroud (Marcus Thuram 41), Kylian Mbappe.
Pelatih: Didier Deschamps.

Hasil adu penalti Argentina vs Prancis:

Prancis (2)

  • Kylian Mbappe (masuk)
  • Kingsley Coman (gagal)
  • Aurelien Tchouameni (gagal)
  • Kolo Muani (masuk)

Argentina (4)

  • Lionel Messi (masuk)
  • Paolo Dybala (masuk)
  • Leandro Paredes (masuk)
  • Gonzalo Montiel (masuk)

Keterangan: Prancis menendang lebih dulu.

Skor Akhir ARGENTINA vs PRANCIS 3-3 (4-2)

Selamat Argentina Resmi Juara Piala Dunia 2022