Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago mencoba mengangkat mental pemain sebelum menghadapi PSIS Semarang. Dia melakukan pendekatan psikologis terhadap Boaz Solossa dan kolega.

Selain itu, arsitek asal Brasil tersebut juga memberikan menu latihan yang sederhana. Dengan harapan para penggawa tim Mutiara Hitam bisa menikmati setiap program yang disuguhkan.

“Pascapertandingan lawan Persija kita coba meringankan beban anak-anak, supaya mereka tidak frustasi terhadap hasil negatif yang kita dapat selama ini,” kata Jacksen, Selasa (3/12/2019).

Persipura sedang berada dalan tren negatif setelah gagal meraih kemenangan dalam lima pertandingan beruntun. Bahkan, empat laga di antaranya berkahir dengan kekalahan.

“Saya arahkan fokus kita kepada aspek psikologis, beberapa materi latihan saya coba lebih simple lagi, dimana anak-anak bisa melakukan dengan enjoy,” sambungnya.

Dikatakan Jacksen, kepercayaan diri para pemain Persipura harus kembali. Karena bagaimana pun mereka tidak pantas untuk selalu mengalami kekalahan demi kekalahan.

“Bagaimana pun kita di posisi yang cukup baik di klasemen sementara ini. Lima kali kegagalan itu bukan hasil yang pantas tim Persipura dapat,” jelas Jacksen.

“Sehingga saya coba kembalikan mental, percaya diri dari anak-anak, dengan beberapa materi latihan yang mungkin tidak terlalu kompleks,” tandasnya.