oleh

Piala Eropa 2020 Mundur Jadi Juni-Juli 2021

Piala Eropa 2021 – Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) pada Selasa (17/3/2020) mengumumkan penundaan kompetisi andalannya, UEFA EURO 2020 yang rencananya akan digelar pada Juni dan Juli tahun ini.

Menurut Presiden UEFA Aleksander Čeferin, hal ini dilakukan guna menghindari tekanan yang tidak perlu pada layanan publik nasional yang terlibat dalam pertandingan. Sekaligus juga membantu semua kompetisi domestik, yang saat ini ditahan karena COVID-19, untuk diselesaikan.

“Kesehatan para penggemar, staf, dan pemain harus menjadi prioritas nomor satu kami. Dengan semangat itu, UEFA mengajukan berbagai opsi sehingga kompetisi dapat berakhir musim ini dengan aman,” kata Čeferin, dilansir dari rilis UEFA.

“Saya bangga dengan respons rekan-rekan saya di seluruh sepak bola Eropa Ada semangat kerja sama yang nyata, dengan semua orang mengakui bahwa mereka harus mengorbankan sesuatu untuk mencapai hasil terbaik.”

Semua kompetisi dan pertandingan UEFA, termasuk pertandingan persahabatan, untuk klub dan tim nasional untuk pria dan wanita akan ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Selain itu, pertandingan play-off UEFA EURO 2020 dan pertandingan persahabatan internasional, yang awalnya dijadwalkan pada akhir Maret, akan dimainkan setidaknya pada awal Juni, tergantung pada situasi ke depannya.

Setidaknya kini UEFA membentuk kelompok kerja dengan partisipasi dari liga dan perwakilan klub guna memeriksa solusi kalender yang akan memungkinkan penyelesaian pertandingan musim saat ini dan konsekuensi lain dari keputusan yang sudah dibuat.

Keputusan, yang diambil oleh Komite Eksekutif UEFA, mengikuti pertemuan konferensi video yang diadakan hari ini dengan presiden dan sekretaris umum dari 55 asosiasi nasional, serta perwakilan dari Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan FIFPro Eropa. Hal ini dilakukan guna menemukan rencana yang koheren akibat penyebaran virus di seluruh benua.

UEFA EURO 2020 dijadwalkan berlangsung di 12 kota di seluruh Eropa dari 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Tanggal baru yang diusulkan adalah dari 11 Juni hingga 11 Juli 2021. Pemilihan tanggal baru dilakukan guna meyakinkan penonton yang sudah membeli, bahwa jika mereka tidak dapat hadir turnamen pada tahun 2021, nilai nominal tiket dan paket mereka akan dikembalikan penuh.

Sedangkan keputusan tanggal untuk kompetisi UEFA lainnya, baik klub atau tim nasional untuk pria atau wanita, akan diambil dan diumumkan saat semuanya mencapai keputusan dari konferensi video tersebut.