Stephanie Frappart asal Prancis akan menjadi perempuan pertama yang memimpin di Kejuaraan Eropa untuk putra setelah UEFA menobatkannya sebagai wasit keempat pada ajang Euro 2020.

Sebelumnya, Frappart telah mencatat beberapa prestasi sebagai wasit perempuan, yakni menjadi wasit pertandingan Ligue 1 dan Liga Champions pada Desember 2020 untuk pertandingan penyisihan grup antara Juventus dan Dynamo Kiev.

“Untuk pertama kalinya, seorang ofisial perempuan telah dipilih untuk Euro putra. Stephanie Frappart (Prancis), yang telah memimpin beberapa pertandingan di kompetisi klub pria dan tim nasional UEFA musim ini, akan bertindak sebagai wasit keempat pada pertandingan Euro tahun ini,” kata UEFA dikutip dari AFP, Kamis.

Setiap tim wasit pada ajang tersebut terdiri dari satu wasit, dua asisten wasit, satu wasit keempat dan satu asisten wasit cadangan di stadion, serta satu tim yang terdiri dari empat wasit video pertandingan.

Euro 2020, yang ditunda pelaksanaannya karena pandemi virus corona, akan digelar tahun ini mulai 11 Juni hingga 11 Juli.

Frappart yang berusia 37 tahun itu juga merupakan wasit perempuan pertama dalam pertandingan Piala Super UEFA 2019 antara Liverpool dan Chelsea.