Selesai sudah perjalanan karier Marcos Rojo di Manchester United. Bek 30 tahun itu memutuskan pulang ke Argentina, bergabung dengan Boca Juniors.

Hal itu sudah diumumkan oleh MU, Selasa (2/2/2021) malam WIB. Setan Merah tak menyebutkan biaya transfer Rojo, namun jurnalis Sky Sport Italia Fabrizio Romano menyebut Boca Juniors tak mengeluarkan sepeser pun untuk mendatangkan Rojo.

“Bek Manchester United Marcos Rojo sudah menuntaskan transfernya ke Boca Juniors. Ia akan kembali ke negaranya secara permanen, setelah menyepakati persyaratan dengan juara bertahan Liga Argentina itu,” tulis pernyataan resmi MU.

Rojo datang ke Old Trafford pada musim panas 2014. MU merekrutnya seharga 20 juta Euro, setelah ia tampil mengagumkan di Piala Dunia 2014, membawa Argentina menjadi runner-up.

Namun karier Rojo di Inggris tak berjalan mulus. Ia sudah dihantam cedera sejak musim pertama, dan hal itu menjadi rutinitas di setiap musim.

Jumlah penampilan terbanyak dalam semusim yang pernah ia dapat terjadi di musim 2016/27, yakni 41 laga. Saat itu, MU menjuarai Piala Liga Inggris dan Liga Europa. Ironisnya, setelah itu jumlah menit bermain Rojo menurun tajam.

Ia sempat dipinjamkan ke Estuadiantes pada Januari 2020, namun hanya turun sekali, sebab setelahnya ia kembali cedera. Pandemi COVID-19 kemudian makin membatasi penampilannya dan ia pun dipulangkan ke MU.

Sisa kontrak Rojo di MU sebetulnya masih ada hingga Juni 2021, namun kedua pihak sepakat untuk menuntaskannya lebih cepat. MU bisa mengurangi beban gaji, sementara Rojo bisa kembali ke Argentina, bermain di kampung halaman.