Jakarta – Klub J1 League, Yokohama FC, resmi memperpanjang masa bakti pemain profesional tertua di dunia, Kazuyoshi Miura. Saat ini Kazuyoshi Miura sudah berusia 52 tahun, 8 bulan, dan 29 hari.

Yokohama FC memperbarui kontrak Kazuyoshi Miura untuk kompetisi musim 2020.

Dengan begitu, Miura, yang akan berusia 53 tahun pada 26 Februari mendatang, akan tampil di kasta tertinggi sepak bola Jepang. Pasalnya, Yokohama FC berstatus tim promosi untuk musim 2020.

Ini bakal jadi kali pertama buat Miura kembali berkiprah di J1 League sejak 2007.

“Saya dapat memperbarui kontrak saya dengan Yokohama FC untuk musim 2020,” kata Miura, dilansir dari situs resmi klub, Sabtu (11/1/2020).

“Saya berharap bisa menikmati bermain sepak bola dan ingat untuk berterima kasih karena saya berusaha mencapai tujuan klub, yakni bertahan di J1. Saya akan bekerja keras untuk berkontribusi pada kemenangan tim,” imbuhnya.

Pada musim lalu saat tampil di J2 League, Miura hanya turun dalam tiga pertandingan dan tidak mencetak satu gol pun.

Meski begitu, saat ini ia tetap tercatat sebagai pemain aktif (profesional) paling tua di dunia.

Menyusul kontrak anyar Miura bersama Yokohama FC, Kondeferasi Sepak Bola Asia (AFC) mengunggah beberapa fakta menarik perihal pemain yang berposisi sebagai striker tersebut.

Kazuyoshi Miura tercatat lebih tua dari sang pelatih, mulai karier di sepak bola di saat mayoritas rekan-rekan satu timnya di Yokohama FC saat ini belum lahir, dan musim 2020 mendatang menjadi yang ke-35 sepanjang karier di sepak bola profesionalnya.

Profil Singkat

Kazuyoshi Miura, kelahiran Shizuoka, 26 Februari 1967, memulai karier profesional pada 1986. Miura tercatat sudah membela 14 klub berbeda di Jepang, Brasil, Italia, Krosia, hingga Australia.

Ia bergabung dengan Yokohama FC pada 2005.

Pemain yang dipanggil dengan sebutan ‘King Kazu’ itu membela Timnas Jepang pada periode 1990 hingga 2000. Ia mencatatkan 89 penampilan dan mencetak 55 gol untuk The Blue Samurai.

Sementara, Yokohama FC akan memulai kiprah di J1 League 2020 dengan menghadapi Vissel Kobe pada 23 Februari, dan laga kontra Kashiwa Reysol pada 1 Maret 2020 akan jadi partai kandang perdana di musim ini.