Europa League atau Liga Eropa merupakan salah satu kompetisi antarklub Eropa yang tak kalah bergengsi. Meskipun kerap disebut sebagai kasta kedua dari Liga Champions, ajang ini menyajikan pertandingan yang menarik. Apalagi setelah memasuki babak gugur, klub-klub yang gagal bersaing di Liga Champions akan bermain di Europa League.

Hal tersebut tentu saja menjadi daya tarik tersendiri dan akan menambah seru persaingan. Dalam sejarah Europa League sendiri, ada beberapa klub yang sukses mencatatkan gol yang cukup banyak. Klub-klub ini tentu saja memiliki sejarah panjang dalam ajang ini. Klub manakah yang menorehkan gol terbanyak dalam sejarah Europa League? Berikut ulasannya yang akan kami sajikan dengan hitung mundur.

10. AZ Alkmaar (242 Gol)

Salah satu klub dengan torehan gol cukup banyak di Europa League adalah AZ Alkmaar. Dalam sejarah ajang ini, klub asal Belanda tersebut telah mencetak 242 gol. Jumlah tersebut mereka torehkan dari 142 pertandingan selama bermain di Europa League. Sayangnya, klub berjuluk Cheeseheads belum pernah sekali pun juara Europa League.

9. Stuttgart (245 Gol)

Berikutnya ada klub asal Jerman, Stuttgart yang musim ini tak berkompetisi di ajang Eropa. Namun, klub berjuluk Die Schwaben cukup sering bersaing di kompetisi Eropa, khususnya Europa League. Hal tersebut terbukti dari torehan gol yang tak kalah banyak di Europa League, yakni 245 gol. Telah menjalani 131 pertandingan, Stuttgart belum mampu meraih trofi Europa League.

8. Ajax Amsterdam (246 Gol)

Di urutan kedelapan dalam daftar ini adalah Ajax Amsterdam yang saat ini juga akan berlaga di Europa League. De Amsterdammers menjadi salah satu klub dengan torehan gol yang cukup banyak di ajang ini. Klub yang meraih 1 trofi Europa League tersebut telah mencetak 246 gol dari 143 pertandingan Europa League.

7. Anderlecht (255 Gol)

Anderlecht menjadi salah satu klub asal Belgia yang cukup sering berpartisipasi dalam ajang Europa League. Klub yang satu ini telah meraih 1 trofi Europa League hingga kini. Purple and White juga menjadi salah satu klub paling produktif dengan torehan 255 gol dari 154 pertandingan Europa League.

6. Sevilla (265 Gol)

Di urutan keenam ada Sevilla yang berstatus juara pada musim 2019/2020 lalu. Klub berjuluk Los Nervionenses ini menjadi klub tersukses dalam sejarah Europa League dengan raihan 6 trofi. Klub asal Spanyol tersebut tentu saja cukup produktif dengan gelontoran 265 gol dari 145 pertandingan.

5. PSV Eindhoven (275 Gol)

PSV Eindhoven menjadi tim yang cukup sering bertanding di Europa League. Namun, hingga saat ini klub asal Belanda tersebut baru menjuarai Europa League sebanyak 1 kali. PSV juga menjadi salah satu klub paling produktif dalam sejarah Europa League. Klub berjuluk Red White Army ini telah mencetak 275 gol dari 165 pertandingan.

4. Sporting Lisbon (295 Gol)

Sporting Lisbon menjadi klub yang juga cukup sering bermain di Europa League. Meskipun demikian, klub asal Portugal ini belum sekali pun meraih trofi Europa League hingga saat ini. Klub berjuluk Verde e Brancos ini juga cukup produktif dengan gelontoran 295 gol dari 187 pertandingan.

3. Club Brugge (296 Gol)

Di urutan ketiga ada klub asal Belgia, Club Brugge. Klub berjuluk Blauw-Zwart tersebut belum pernah meraih gelar juara Europa League hingga saat ini. Padahal, mereka menjadi salah satu klub yang cukup sering berpartisipasi dalam ajang ini. Brugge sendiri telah menciptakan 296 gol dari 180 pertandingan Europa League.

2. Inter Milan (297 Gol)

Inter Milan menjadi salah satu klub yang cukup produktif dalam sejarah Europa League. Klub asal Italia ini menjadi tim yang juga sukses di Europa League dengan raihan 3 gelar juara. Hingga saat ini Nerazzurri telah menciptakan 297 gol dari 191 pertandingan di ajang bergengsi ini.

1. Tottenham Hotspur (305 Gol)

Klub dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah Europa League adalah Tottenham Hotspur. Klub Premier League ini telah meraih 2 trofi Europa League. The Lylywhites diperkuat pemain-pemain berkualitas di lini depan, salah satunya tentu saja Harry Kane. Spurs mencatatkan gol yang cukup banyak di Europa League, yakni 305 gol dari 151 pertandingan.

Klub-klub tersebut memang tidak semuanya pernah menjuarai Europa League. Namun, dengan torehan gol yang cukup banyak membuktikan bahwa mereka layak disebut pesaing dalam perburuan juara Europa League.