Bola Spanyol – Federasi Sepak Bola Spanyol, RFEF, dilaporkan sudah menentukan lokasi dan tanggal turnamen Piala Super Spanyol dengan format baru.

Piala Super Spanyol yang akan diikuti 4 klub, dijadwalkan dihelat di Jeddah, Arab Saudi, 8-12 Januari 2020.

Klub-klub yang akan berpartisipasi adalah Barcelona selaku juara La Liga dan Valencia yang merupakan juara Copa del Rey.

Dua tim lainnya adalah duo Madrid, yakni Atletico dan Real Madrid yang merupakan tim peringkat kedua dan ketiga La Liga.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Piala Super Spanyol hanya diikuti dua klub, yakni juara La Liga dan Copa del Rey yang bertanding dua leg secara bergantian di stadion masing-masing pada awal musim.

Namun, dengan format baru ini, akan ada babak semifinal dan final.

Pengundian untuk babak semifinal akan dilakukan di Kantor Pusat RFEF di Madrid, Senin (11/11/2019).

Tidak akan ada penentuan tim mana saja yang menjadi favorit yang bisa mempengaruhi hasil undian.

Semifinal akan dihelat pada tanggal 8 dan 9 Januari. Adapun final pada tanggal 12 Januari.

Selama Piala Super Spanyol berlangsung, tak akan ada jadwal La Liga.

Namun, akan ada laga Copa del Rey yang memberikan kompensasi bagi partisipan Piala Super Spanyol untuk tidak berlaga.

Jeddah merupakan kota yang menjadi pusat bisnis bagi Arab Saudi.

Kota yang hanya berjarak sekitar 60 kilometer dari Mekah ini nantinya juga akan menjadi lokasi titik awal Reli Dakar 2020 yang akan dimulai pada 5 Januari.

Arab Saudi diketahui memang tengah gencar mengadakan turnamen olahraga internasional di negara yang dikenal konservatif tersebut.

Selain Piala Super Spanyol dan Reli Dakar, Arab Saudi juga telah mengadakan pertandingan tenis eksebisi, balap Formula E, laga uji coba internasional untuk timnas Brasil, dan Coppa Italia antara Juventus vs AC Milan pada Januari 2019.

Khusus untuk Piala Super Spanyol, RFEF telah mengajukan permintaan agar pertandingan juga bisa dihadiri penonton wanita.

Selain menggunakan format baru, Piala Super Spanyol juga menjanjikan hadiah yang besar untuk tim partisipan.

Dua finalis sudah dijanjikan akan menerima 12 juta euro (setara Rp 185 miliar), dan dua tim yang kalah di semifinal menerima 8,9 juta euro (setara sekitar Rp 137 miliar).

Saat masih menggunakan format lama, dua tim yang bertanding hanya mendapatkan pendapatan dari penjualan tiket dan hak siar.

Dalam kasus Barcelona dan Real Madrid saja, kedua tim diketahui hanya meraih pendapatan tidak lebih dari 3 juta euro (Rp 46 miliar).