oleh

Gustavo Almeida Pemain Asing Debutan yang Curi Perhatian di Liga 1 2023-2024

Kompetisi sepak bola Indonesia terus mendatangkan pemain asing baru setiap musimnya, terutama di era liga 1. Debut pemain asing selalu menarik perhatian, terutama dari pertandingan pertama setiap musim.

Sebut saja Marko Simic yang datang memperkuat Persija Jakarta jelang Liga 1 2018. Sebagai debutan, pemain asal Kroasia itu diharapkan bisa menjadi mesin gol Macan Kemayoran.

Alhasil, Marko Simic benar-benar mencuri perhatian membawa Persia menjuarai Piala Presiden 2018 dan Ligue 1 2018.

Taisei Marukawa dan Carlos Fortes juga melakukan hal yang sama. Dua pemain asing yang kini membela PSIS Semarang tampil luar biasa di musim debutnya, masing-masing bersama Persebaya Surabaya dan Arema FC.

Lalu bagaimana dengan debutan pemain asing di Liga 1 BRI 2023/2024? Bola.com mengulas beberapa pemain yang tampil mengesankan dalam empat minggu pertama:

Gustav Almeida (Arema FC)

Striker asal Brasil ini langsung tancap gas bersama Arema FC. Dia mencetak enam gol hanya dalam tiga pertandingan.

Dia mencetak hat-trick melawan Persib Bandung, mencetak dua gol saat kalah 2–5 dari Persik Kediri dan mencetak satu gol saat kalah 1–3 dari Bali United.

Berkat rekor tersebut, Gustavo Almeida melejit menjadi top skorer sementara Liga 1 BRI 2023/2024. Sayangnya, kehebatannya dalam menembus gawang lawan tidak diikuti dengan hasil positif yang diraih timnya. Arema FC hanya mengumpulkan satu poin dari empat pertandingan.

Jefferson (Bali United)

Striker asal Brasil itu bergabung dengan Bali United jelang matchweek kedua. Debutnya kurang mengesankan, meski bermain 90 menit penuh saat Bali United kalah 3-1 dari Borneo FC.

Baru pada game kedua dan ketiga Jefferson berhasil mencetak gol ke gawang lawan. Jefferson masing-masing mencetak satu gol saat Bali United menang 2-1 atas Madura United dan 3-1 atas Arema FC.

Paulo Gali Freitas

Pemain asal Timor Leste ini terlihat sangat cocok bermain di liga Indonesia. Winger PSIS Semarang itu tampil gemilang di empat laga awal Liga 1 BRI 2023/2024, meski tak bermain penuh dalam satu pertandingan.

Paulo Gali Freitas telah mencetak dua gol sejauh ini, masing-masing mencetak gol saat PSIS menang 3-1 atas Bhayangkara FC dan bermain imbang 2-2 dengan PSS Sleman.

Sementara itu, saat PSIS menang 2-0 atas Persebaya Surabaya di pekan ketiga, Paulo Gali memberikan satu assist untuk Carlos Fortes di masa injury time.

Crislan (Bhayangkara FC)

Striker anyar Bhayangkara FC ini juga tampil apik dalam tiga pertandingan yang dimainkannya. Dari empat gol yang dicetak Bhayangkara FC, ia mencetak tiga gol.

Dia mencetak satu gol di setiap pertandingan saat Bhayangkara FC kalah 1-2 dari RANS Nusantara FC, kalah 1-4 dari Bhayangkara FC dan 1-3 dari Persikabo 1973.