Felipe Americo membeber analisisnya ihwal siapa di antara dua kompatriotnya, Alisson Becker dan Ederson Moraes, yang layak menyandang mahkota sebagai kiper nomor satu di dunia saat ini. Pelatih Kiper AS Roma ini menyebut Alisson dan Ederson memiliki kelebihan mereka masing-masing.

“Ederson merupakan sosok kiper modern,” kata Felipe.

“Ia memiliki teknik yang sangat bagus. Bahkan, bisa jadi, tekniknya lebih bagus ketimbang Alisson,” sambungnya.

Namun, Felipe melanjutkan, hal tersebut bukan berarti Alisson lebih buruk dari Ederson. Eks kiper AS Roma ini juga memiliki kelebihan dibanding Ederson.

“Alisson punya kelebihan dalam hal decision making. Keputusan-keputusan yang ia ambil sangat bagus,” tutur Felipe.

“Selain itu, ia sudah membuktikan kekuatan mentalnya. Main dalam pertandingan-pertandingan besar, ia selalu mampu jadi sosok pemain kunci dan pembeda,” imbuhnya.

Nama Alisson dan Ederson disebut sebagai kiper-kiper terbaik di dunia saat ini. Dua kiper asal Brasil ini, dengan kemampuannya, mampu membawa klub mereka masing-masing Liverpool dan Manchester City meraih prestasi di Liga Inggris dan Benua Eropa.

Di level timnas, Alisson unggul dari Ederson. Pemain berusia 27 tahun ini sudah tampil sebanyak 44 kali. Sementara, Ederson baru tampil untuk Selecao -julukan Timnas Brasil- sebanyak tujuh kali.

Lebih lanjut, Felipe menilai bukan hanya sosok Alisson dan Ederson saja yang layak memperebutkan gelar kiper nomor satu dunia. Masih ada sejumlah kiper lain yang menurutnya sangat layak bersaing memperebutkan gelar tersebut.

“Saya lihat Jan Oblak sangat bagus. Selain itu, masih dari Liga Spanyol, saya juga suka dengan penampilan Marc ter Stegen,” kata Felipe.

“Kemudian, dari Liga Inggris, ada sosok Kasper Schmeichel. Meski belum seperti ayahnya, Peter Schmeichel, Kasper adalah sosok kiper luar biasa,” tandasnya.