Barcelona mengambil keputusan untuk memecat Ronald Koeman sebagai pelatih menyusul kekalahan 1-0 melawan Rayo Vallecano pada Kamis (28/10) dini hari WIB tadi, di Stadion Vallecas.

Hasil minor itu membuat Barcelona berada di urutan sembilan pada tabel klasemen sementara La Liga. Dengan hanya meraih empat kemenangan dari sepuluh pertandingan perdana di liga.

Blaugrana juga mengalami keterpurukan di Liga Champions musim ini, sebagaimana mereka menempati urutan ketiga di Gru E dan terpaut enam angka dari sang pemuncak Bayern Munich.

Jajaran petinggi Barcelona sudah memperingati Koeman bahwa posisinya tidak aman, sebelum pertandingan ini. Joan Laporta selaku presiden klub juga telah mengambil langkah beberapa pekan lalu.

Nama Xavi Hernandez muncul sebagai calon terkuat pelatih Barcelona berikutnya. Xavi memiliki pengalaman melatih Al Sadd, dan kini klub asal masih mengikat Xavi dengan kontrak, tapi kemungkinan Barcelona bisa mendapatkannya.

Ronald Koeman, sudah mendapat peringatan

Kepergian Koeman telah dipercepat pada Rabu malam, tetapi keputusan FC Barcelona untuk melepaskan pelatihnya dibuat beberapa minggu yang lalu. Presiden Joan Laporta telah menunjukkan kepercayaannya kepada pelatih asal Belanda itu dalam beberapa kesempatan, namun kesabarannya telah habis.

Sembilan laga dan hanya meraih 15 poin dengan 15 poin, tim Bara hanya memenangkan empat pertandingan liga sejauh musim ini. Bahkan Koeman belum memenangkan Metropolitan atau Classic, dan kekalahan di Vallecas telah membuat kepercayaan kepada Koeman benar-benar runtuh.

Barcelona telah menawarkan Xavi posisi pelatih

Barcelona telah menghubungi Xavi Hernandez dan memberi penawaran untuk menjadi pelatih. Tidak pikir panjang, gelandang legendaris Barcelona itu disebut telah menerima penawaran untuk kembali ke Catalan.

Meski kontraknya bersama Al Sadd baru saja diperpanjang, tapi kabarnya pihak klub tidak keberatan untuk melepas Xavi pulang ke Camp Nou. Barcelona sedang berupaya merundingkan pemutusan kontrak Xavi, agar ia bisa segera cabut dari Qatar, untuk segera menukangi Blaugrana.

Rekor menawan Xavi Hernandez di Al Sadd

Pada 34 laga beruntun, Al Sadd tidak tersentuh alias tidak pernah merasakan kalah di bawah komando Xavi sebagai pelatih. Yang istimewa, 30 kemenangan diukir dari 34 penampilan tersebut. Xavi sendiri sudah memimpin 95 laga Al Sadd. Sebanyak 63 kemenangan diraih, 15 imbang, dan 17 kekalahan ditelan, dengan persentase kemenangannya mencapai 66,32 persen.