Teka-teki mengenai siapa pengganti Quique Setien di kursi kepelatihan Barcelona nampaknya bakal segera terjawab. Ronald Koeman dilaporkan akan dinyatakan sebagai pelatih anyar klub raksasa Spanyol tersebut.

Barcelona sejatinya sudah berupaya untuk bersabar dengan Setien. Sehingga mereka tidak memecatnya saat klub berjuluk Blaugrana tersebut dipastikan gagal mempertahankan gelar La Liga musim ini.

Namun kesabaran manajemen telah habis. Terutama saat Barcelona tersingkir secara memalukan di tangan wakil Jerman, Bayern Munchen, di babak perempat final Liga Champions beberapa hari lalu.

Mereka benar-benar dibuat tak berdaya hingga kalah dengan skor yang sangat telak, 2-8. Bahkan Barcelona secara teknis hanya mencetak satu gol saja, sebab yang lainnya didapatkan dari bunuh diri David Alaba.

Sudah jelas bahwa masa depan Setien tidak lagi bersama Barcelona. Sejumlah rumor telah mengaitkan klub yang diperkuat Lionel Messi tersebut dengan sejumlah pelatih ternama seperti Mauricio Pochettino dan Massimiliano Allegri.

Namun pada akhirnya, Barcelona lebih memilih Ronald Koeman yang sampai sekarang masih berstatus sebagai pelatih Timnas Belanda. Kabar ini datang dari salah satu jurnalis kenamaan, Fabrizio Romano.

Menurut laporan Romano, Koeman akan diumumkan sebagai pelatih Barcelona pekan ini. Ia akan meninggalkan jabatannya sebagai nahkoda Timnas Belanda.

“Ronald Koeman telah terpilih sebagai pelatih baru Barcelona. Dia akan meninggalkan Timnas Belanda demi bergabung dengan Barcelona – pengumuman resmi pada pekan ini,” tulisnya di media sosial Twitter.

Ronald Koeman sejatinya sudah dikaitkan dengan Barcelona sejak Ernesto Valverde dipecat pada bulan Januari lalu. Namun ia menolak bergabung karena ingin melatih Timnas Belanda di pentas Euro 2020.

Sayangnya, pandemi virus Corona membuat kompetisi internasional paling bergengsi di level Eropa itu harus tertunda sampai tahun 2021. Mungkin, ini yang membuat Koeman berubah pikiran.

Barcelona juga sempat mencoba membawa Xavi kembali ke Camp Nou sebagai pengganti Valverde saat itu. Sayangnya ia menolak. Alhasil, Barcelona pun menunjuk Setien yang sebelumnya melatih Real Betis sebagai nahkodanya.