Belanda akan saling bersaing dengan Republik Ceko untuk bisa lolos ke babak perempat final Piala Eropa 2020.

Belanda dan Republik Ceko akan saling berhadapan di babak 16 besar Piala Eropa 2020 di Puskás Aréna Budapest pada Minggu (27/6/2021) mulai pukul 23.00 WIB.

Ini adalah pertemuan ketiga Belanda dan Republik Ceko di ajang Piala Eropa.

Pelatih Belanda saat ini Frank de Boer mencetak satu-satunya gol dari titik penalti di babak penyisihan grup Piala Eropa 2000 di Amsterdam.

Empat tahun kemudian, Ceko bangkit dari ketinggalan 2-0 dan menang 3-2 di Aveiro di babak penyisihan grup Piala Eropa 2004.

Wilfred Bouma (4) dan Ruud van Nistelrooy (19) memberi Belanda keunggulan dua gol lebih awal tetapi Jan Koller (23) dan Milan Baroš (71) membawa Ceko menyamakan kedudukan sebelum gol kemenangan Vladimír micer pada menit ke-88.

Belanda lolos dari Grup C Piala Eropa 2020 setelah memenangkan tiga pertandingan di Amsterdam Johan Cruijff ArenA dan mencetak delapan gol.

Hasil tersebut membuat Belanda menjadi tim pencetak gol terbanyak secara keseluruhan di babak penyisihan grup.

Sementara Ceko, sebaliknya, lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik, finis di belakang Inggris dan Kroasia di Grup D dengan empat poin.

Belanda juga harus mewaspadai tindak tanduk Patrik Schick yang telah meraih tiga gol dan membawa Republik Ceko finis ketiga di Grup D.

Di laga kali ini bek kiri Republik Ceko Jan Bořil mendapat hukuman larangan bermain, jadi Jaroslav ilhav akan dipaksa untuk mengubah starting XI-nya yang sudah teruji.

Pavel Kadeřábek, Aleš Matějů dan Michal Sadílek telah diperdebatkan sebagai alternatif untuk menggantikan Jan Bořil .

Penyerang Patrik Schick juga membutuhkan lebih banyak dukungan, yang berarti pelatih dapat mengubah taktiknya atau memilih wajah baru di lini tengah.

Sementara itu di kubu Belanda cedera lutut yang dialami oleh Luuk de Jong akan membuat Frank de Boer harus memutar otaknya.

Kemungkinannya Frank de Boer akan memainkan Donyell Malen atau Wout Weghorst untuk bermitra dengan Memphis Depay di lini depan.

Prediksi susunan pemain Babak 16 Besar: Belanda vs Republik Ceko

Republik Ceko 4-2-3-1

Vaclík; Coufal, elůstka, Kalas, Kadeřábek; Souček, Lubangš; Masopust, Darida, Jankto; Schick

Belanda 5-3-2

Stekelenburg; Dumfries, De Ligt, De Vrij, Blind, Van Aanholt; De Jong, De Roon, Wijnaldum; Depay, Malen