oleh

Belgia vs Portugal Bigmatch 16 Besar EURO 2020 Live 28 Juni 2021

Pertandingan babak 16 besar Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 antara Belgia vs Portugal bakal digelar Minggu (27/6/2021) Senin dini hari WIB.

Laga ini akan menjadi pusat perhatian karena menyajikan pertarungan sejumlah bintang. Terlebih, kedua tim sama-sama memiliki pemain yang akan menjadi senjata matikan bagi lawan.

Di kubu Belgia, mereka punya Romelu Lukaku yang saat ini telah mengepak 3 gol. Sementara Portugal memiliki Cristiano Ronaldo. Bintang Juventus tersebut untuk sementara menjadi top skor di Euro 2020 dengan torehan 5 gol.

Namun, Belgia tidak mau cuma fokus untuk menjaga pergerakan Ronaldo saja. Pelatih Roberto Martinez menilai Portugal punya banyak amunisi di dalam skuadnya.

“Tentu saja kami harus menggalang pertahanan dengan baik, tetapi ketika Anda hanya fokus ke seorang pemain, yang lainnya bisa melukai Anda,” kata Martinez dikutip Reuters, Jumat.

“Tentu saja Cristiano Ronaldo adalah pemain yang bisa menemukan momen, umpan dan posisi yang tepat sehingga Anda harus tetap waspada. Kita semua tahu dia adalah salah satu pesepak bola terhebat di dunia,” ujar Martinez.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Martinez berpendapat, Portugal juga memiliki pemain lain yang berpotensi untuk menyingkirkan timnya. Karena itu, dia meminta timnya untuk kompak dan solid dalam bertahan.

“Tapi tim Anda juga harus siap mengawal 10 pemain lainnya. Dengan cara Portugal bermain, mereka punya kelihaian dan kecepatan,” tuturnya.

“Anda bisa melihat alasan mengapa mereka sangat sukses belakangan ini, menjuarai Euro juga UEFA Nations League. Semuanya karena mereka punya mentalitas dan tahu bagaimana menjalani laga-laga akbar,” katanya melengkapi.

Kendati banyak melontarkan pujian untuk Portugal, Martinez bersikeras bahwa ini sudah saatnya bagi Belgia melangkah sejauh mungkin di turnamen kali ini.

“Kami penuh kepercayaan diri dan punya momentum,” katanya.

“Kami tidak sabar untuk melihat sejauh mana kami bisa berkembang dan menikmati momen ini. Pada akhirnya, ketika kami menikmati keadaan, saat itu pula kami mengeluarkan kemampuan terbaik,” jelas Martinez.

turut FIFA, Belgia menjadi salah satu tim unggulan dalam Euro 2020 dan merupakan satu dari tiga tim yang bisa menyapu bersih kemenangan di fase penyisihan grup.

Sayangnya dalam tiga turnamen terakhir, raihan terbaik Belgia hanyalah peringkat ketiga Piala Dunia 2018.

Bila mampu menyingkirkan Portugal, Belgia akan bertemu Italia atau Austria pada babak perempat final.