Jakarta – Bintang sepak bola asal Korea Selatan, Son Heung-min, berhasil mencatatkan dua prestasi sensasional pada awal bulan Desember 2019. Prestasi tersebut diukir Son baik di panggung Asia ataupun Eropa.

Son Heung-min masuk dalam nominasi Ballon d’Or 2019. Dalam acara yang diadakan di Paris pada Senin (2/12/2019) itu, Son memang gagal menyabet gelar.

Ia kalah dari bintang Barcelona, Lionel Messi. La Pulga sukses menjadi yang terbaik setelah mengungguli bek Liverpool, Virgil Van Dijk dan penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Sementara Son Heung-min hanya berada di posisi ke-22 dari 30 nominasi Ballon d’Or 2019. Namun hal tersebut tampaknya sudah cukup membuat pemain Tottenham itu mencatatkan rekor sesasional.

Melansir dari Korea Herald, Selasa (3/12/2019), Son berhasil menjadi pemain Asia pertama yang masuk nominasi Ballon d’Or sejak 2007 alias 12 tahun lalu. Terakhir kali Asia memiliki wakil di Ballon d’Or yaitu pada 2007.

Pemain asal Iraq, Younies Mahmoud Khalad, masuk dalam 30 besar Ballon d’Or kala itu. Setelah 12 tahun berselang, Son Heung-min berhasil kembali menjadi perwakilan Asia dalam ajang penghargaan pemain terbaik tersebut.

Sementara rekor kedua yang dicatatkan Son Heung-min diukir di kancah Asia. Melansir dari situ AFC, Son dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Asia AFC 2019 pada Senin (2/12/2019).

Itu berarti, Son sudah tiga kali merebut penghargaan paling bergengsi di Asia tersebut. Sebelumnya, Son pernah mendapat penghargaan yang sama pada 2015 dan 2017.

Dua rekor sensasional tersebut dicatatkan Son Heung-min di awal Desember 2019. Dua rekor yang pantas didapat mengingat penampilan Son yang juga gemilang baik untuk negaranya atau di level klub.