Italia resmi meratifikasi aturan dari Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) terkait transfer pemain yang berlaku sementara selama periode pandemi covid-19 belakangan ini.

Federasi Sepak Bola Italia ( FIGC), berdasarkan aturan sementara tersebut, akan membolehkan seorang pemain membela tiga klub berbeda dalam satu musim.

Hal itu berbeda dari aturan dalam situasi normal, di mana seorang pemain hanya dibolehkan membela maksimal dua tim selama satu musim kompetisi berjalan.

Aturan sementara ini baru akan diterapkan otoritas persepakbolaan Italia tersebut dalam bursa transfer pemain musim dingin, Januari mendatang.

Seperti dikutip KOMPAS.com dari Football Italia, regulasi ini juga sudah mendapat persetujuan dari Asosiasi Pesepakbola Italia (AIC) dan diumumkan pada Selasa (29/12/2020) kemarin.

Penerapan kebijakan transfer sementara ini berlaku untuk perpindahan pemain profesional serta kelompok umur di berbagai tingkat kompetisi Liga Italia.

FIFA mulai mengesahkan aturan yang membolehkan seorang pemain membela tiga klub berbeda dalam satu musim pada Juni lalu.

Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya gelombang pengaruh pandemi covid-19 pada keberlangsungan kompetisi di banyak negara.

Kemunculan aturan ini juga diharapkan dapat membantu kekhawatiran para pemain yang kontraknya diputus oleh klub karena alasan kesulitan finansial di tengah pandemi.

Jendela transfer pemain musim dingin di Italia baru dibuka pada 4 Januari mendatang dan berlangsung hingga 1 Februari.