Alvaro Odriozola telah meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan Bayern Munchen dalam skema pinjaman 6 bulan ke depan. Tidak ada alasan lain, Odriozola hanya membutuhkan menit bermain lebih banyak.

Bek 24 tahun ini bukan yang pertama mengalami kesulitan tersebut. Faktanya, dia merupakan pemain keempat yang harus meninggalkan Madrid karena kalah bersaing dengan Dani Carvajal yang begitu tangguh.

Siklus ini sebenarnya berulang beberapa tahun terakhir. Los Blancos mendatangkan bek kanan potensial, membiarkannya kesulitan bermain, lalu menjualnya begitu saja. Carvajal masih dianggap sebagai pilihan utama.

Mengutip Marca, ada beberapa nama pemain yang gagal bersaing dengan Carvajal. Dimulai dengan Alvaro Arbeloa, lalu Danilo, juga Achraf Hakimi. Di antara tiga nama ini, mungkin hanya Arbeloa yang posisinya berbeda.

Odriozola merupakan pemain terakhir yang terbuang karena konsistensi performa Carvajal. Sejak bergabung dengan tim senior pada tahun 2013 lalu, Carvajal hampir tidak tergantikan.

Beberapa tahun lalu, Madrid mendatangkan Danilo untuk menjaga persaingan internal dengan Carvajal, tapi dia dianggap tidak bisa bermain di level yang sama

Danilo pun frustrasi karena jarang bermain, lalu meninggalkan Madrid untuk bergabung dengan Manchester City. Tidak lama di sana, Danilo melanjutkan kariernya bersama Juventus.

Selepas kepergian Danilo, ada Achraf Hakimi yang mengambil posisinya usai tampil impresif bersama akademi Madrid. Namun, Achraf hanya bermain 17 kali bersama tim inti.

Dia pun frustrasi karena tidak mendapatkan menit bermain dan memilih hengkang ke Borussia Dortmund. Keputusan ini tepat, Achraf tampil impresif selama membela raksasa Bundesliga tersebut.

Sekarang, Odriozola menyusul langkah Achraf, bahkan dia bergabung dengan tim yang lebih kuat, Bayern Munchen. Odriozola harus bisa membuktikan kemampuannya di sana jika benar-benar ingin kembali ke Madrid dan menggusur posisi Carvajal.