Peluang Arsenal mendapatkan gelandang baru sebelum bursa transfer musim dingin ditutup semakin terbuka lebar. Apalagi setelah pemain Lille, Renato Sanches, menyatakan keinginan pindah dari Prancis.

Sektor tengah menjadi masalah besar Arsenal saat ini setelah Ainsley Maitland-Niles memutuskan hengkang ke AS Roma. Ditambah lagi Mohamed Elneny juga ikut absen karena sedang mengikuti ajang Africa Cup of Nations.

Thomas Partey memberi angin segar karena bisa pulang lebih cepat setelah Ghana tersingkir dari Africa Cup of Nations. Tapi nahasnya, ia mendapatkan kartu merah ketika the Gunners bertemu Liverpool di ajang Carabao Cup.

Granit Xhaka juga menerima hukuman yang sama pada leg pertama kontra Liverpool. Ini membuat stok pemain mereka di lini tengah semakin menipis, dan hanya menyisakan Albert Sambi Lokonga buat menghadapi Burnley.

Sejak bursa transfer musim dingin dibuka, Arsenal beberapa kali dikaitkan dengan banyak gelandang. Nama yang cukup santer diberitakan pada saat ini adalah gelandang Juventus, Arthur Melo.

Mendapatkan pemain berdarah Brasil tersebut cukup sulit, karena Juventus enggan melepasnya kalau tidak mendapatkan pengganti. Sialnya lagi, Bianconeri sedang mengalami masalah finansial sehingga sulit buat mendatangkan pemain baru.

Kabar baiknya, Renato Sanches sudah bersedia cabut dari Lille pada bulan Januari ini. Ia juga punya sedikit pengetahuan soal Arsenal yang meminatinya dan juga raksasa Italia, AC Milan.

“Mungkin Milan dan Arsenal tertarik tapi saya tidak tahu. Saya sudah berbicara dengan agen, saya tahu klub mana yang telah menghubungi saya, tapi saya tak bisa mengatakannya saat ini,” ujar Sanches dikutip dari Sports Mole.

“Tapi saya tahu bahwa saya sudah siap. Jika ada tawaran yang datang, saya akan mencari tahu mana yang terbaik buat saya,” lanjutnya.

Pihak Arsenal sendiri belum berbicara soal rumor ketertarikan dengan Sanches. Tapi Arteta memberikan kode bahwa Arsenal mungkin takkan mendatangkan pemain baru, mengingat bursa transfer musim dingin selalu menyajikan kesulitan.

“Saya tidak tahu apakah kami mampu melakukannya. Lihat lagi nanti. Itulah rencana kami, tapi bursa transfer itu sulit. Banyak yang harus diurus dan kami harus membuat keputusan yang tepat,” katanya dikutip dari Metro.co.uk.

Lille sendiri tidak berada di posisi yang nyaman untuk menolak proposal dari klub lain buat pemainnya. Selain karena Sanches sendiri menginginkan pergi, mereka juga harus menjualnya secepat mungkin karena kontrak Sanches berakhir di 2023.