Arsenal sempat dituntut untuk segera memasukkan Mesut Ozil kembali ke dalam skuad mengingat minimnya gelandang kreatif. Namun sepertinya, mereka sudah bisa melupakan Ozil karena Emile Smith Rowe mampu melakukan peran itu juga.

Seperti yang diketahui, Ozil tidak dicantumkan dalam skuad yang didaftarkan Arsenal untuk menjalani mengarungi ajang Premier League dan Liga Europa. Jelas, keputusan tersebut menghapus kans Ozil untuk tampil di musim ini.

Namun harapan untuk kembali ke dalam skuad masih ada. Premier League dan Liga Europa membolehkan setiap tim untuk meregistrasikan pemain di pertengahan kedua musim 2020/21, yakni setelah bursa transfer Januari ditutup.

Publik pun menuntut Arsenal untuk memasukkan kembali nama Ozil saat pendaftaran skuad kembali dibuka. Sebab menurut mereka, the Gunners sedang kekurangan sosok kreatif di dalam skuadnya saat ini.

Minimnya pasokan pemain yang bisa memainkan peran No.10 ditengarai sebagai penyebab Arsenal gagal memenangkan tujuh pertandingan di Premier League secara berturut-turut. Belakangan ini, performa Arsenal mulai membaik.

Terkini, mereka berhasil mengalahkan West Brom dengan skor telak 4-0 berkat gol dari Kieran Tierney, Bukayo Saka, dan dua yang dikantongi Alexandre Lacazette seorang diri. Dengan ini, Arsenal sudah menuai tiga kemenangan beruntun.

Tierney menjadi bahan perbincangan, begitu juga dengan Lacazette. Namun Ozil, melalui media sosial Twitter, lebih memilih memberikan pujian kepada Smith Rowe karena mampu memainkan peran No.10 dengan baik.

“Pertandingan yang bagus, teman! Semangat yang bagus – 3 kemenangan beruntun. Tim terlihat bagus dengan No.10 seperti Emile Smith Rowe – Si pembuat perbedaan,” tulis pemain asal Turki tersebut.

Smith Rowe tidak hanya mendapatkan pujian dari Ozil usai menjalani pertandingan melawan West Brom. Sang legenda yang terkenal kritis terhadap pemain Arsenal, Martin Keown, pun ikut menyanjungnya.

“Smith Rowe masuk, memberikan bola dan pergi, terus mempertahankan larinya dan [Bukayo] Saka tahu bahwa dia akan menemukannya karena dia pernah bermain bersama dia di tim muda,” ujar Keown kepada BT Sport.

“Dan dia melakukannya. Dia menggulirkan bola kepada dia. Itu pergerakan yang bagus. Saya sangat terkesan dengan Smith Rowe sejak dia masuk ke tim ini, semuanya berpikir kalau jenis peran itulah yang akan diisi oleh Mesut Ozil,” tandasnya.

Mengingat performanya yang apik, Smith Rowe pun punya kesempatan untuk tampil sejak menit awal saat Arsenal bertemu Newcastle di ajang FA Cup. Laga tersebut bakalan digelar pada Minggu (10/1/2021) dinihari nanti.