Manajer Chelsea, Frank Lampard membeberkan alasannya melepaskan Fikayo Tomori ke AC Milan. Ia menilai sang bek butuh jam bermain untuk perkembangannya.

Tomori memang menjalani musim yang sulit. Setelah menjadi starter reguler musim lalu, di musim 2020/21 ini ia lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pemain cadangan.

Kemarin, pihak AC Milan membuat pengumuman. Mereka mengonfirmasi bahwa Tomori akan bergabung dengan skuat Il Diavolo Rosso sebagai pemain pinjaman.

Lampard baru-baru ini membeberkan alasannya melepas Tomori ke Milan. “Saya rasa tidak ada yang salah dengan perkembangan Fikayo belakangan ini,” buka Lampard yang dikutip Goal International.

Menurut Lampard, salah satu alasan mengapa Tomori jarang bermain di skuat Chelsea adalah performa sang bek yang kurang konsisten.

“Sebagai sebuah tim, tahun lalu kami memiliki empat bek tengah dan kami tidak bisa memainkan mereka secara bersamaan. Sementara di sisi lain, kami juga mencari konsistensi dalam permainan mereka.”

“Dalam satu saat, Fikayo memiliki konsistensi itu, namun belakangan ini ia tidak memiliki itu. Sementara tahun ini kami memiliki lima bek tengah jadi situasinya menjadi sulit bagi bek tengah kami yang tidak bermain secara reguler.”

Lampard menilai bahwa peminjaman ke Milan ini langkah terbaik untuk karir Tomori. Ia percaya sang bek bisa berkembang di Italia dan kembali ke Chelsea sebagai pemain yang lebih baik lagi.

“Melihat kondisinya itu, kami memutuskan untuk meminjamkannya demi keberlanjutan perkembangannya.”

“Dia masih muda dan dua musim terakhir ia mengalami lonjakan karir yang besar. Situasi ini akan terus berlanjut dan kami mencari jalan terbaik agar ia bisa berkembang dengan maksimal.” ujarnya.

Tomori bukan satu-satunya pemain Chelsea yang dilepas di musim dingin ini.

Danny Drinkwater juga dilepas Chelsea ke klub Turki Kasimpasa sebagai pemain pinjaman.