Sukses Juventus menjadi juara Coppa Italia 2020/2021 membuat Gianluigi Buffon punya catatan khusus. Buffon kini pernah juara Coppa Italia bersama Enrico Chiesa dan anaknya Federico Chiesa.

Juventus menjadi juara Coppa Italia usai mengalahkan Atalanta pada laga final, Kamis (20/5/2021) dini hari WIB. Pada duel yang digelar di Stadion MAPEI, Juventus menang dengan skor 2-1 dari Atalanta.

Juventus unggul pada menit ke-31 lewat gol Dejan Kulusevski. Atalanta kemudian menyamakan skor lewat gol Ruslan Malinovsky pada menit ke-41. Gol kemenangan Juventus dicetak Federico Chiesa pada menit ke-73.

Gianluigi Buffon kini sudah berusia 43 tahun. Buffon jadi pemain paling tua di skuad Juventus musim 2020/2021. Buffon bahkan lebih tua satu tahun dibanding Andrea Pirlo yang jadi pelatih.

Buffon kini punya enam gelar Coppa Italia sepanjang karir profesionalnya.

Buffon pertama kali meraih gelar Coppa Italia pada 1999 silam. Saat itu, Buffon masih bermain untuk Parma. Di laga final, Buffon membawa Parma menang atas Fiorentina. Kala itu, di skuad Parma ada pemain bernama Enrico Chiesa.

22 tahun berselang, Buffon kembali meraih gelar juara Coppa Italia. Kali ini bersama Juventus. Masih ada nama Chiesa sebagai rekan satu tim Buffon, tapi bukan Enrico melainkan Federico. Buffon menjadi juara bersama anak Enrico.

Bukti bahwa Buffon tidak lagi muda sekaligus karir ‘abadi’ Buffon di sepak bola.

Gianluigi Buffon punya enam gelar juara Coppa Italia. Gelar itu diraih pada tiga dekade yang berbeda. Gelar pertama diraih pada 1999 bersama Parma.

Selanjutnya, pada periode 2000 hingga 2010, Buffon meraih empat gelar Coppa Italia. Semuanya diraih ketika bermain untuk Juventus. Ini adalah periode emas bagi Si Nyonya Tua.

Buffon kembali meraih gelar pada periode 2010 hingga 2020. Buffon kini mencatatkan rekor sebagai pemain yang punya gelar Coppa Italia pada tiga dekade yang berbeda.