oleh

Guus Hiddink Dituntut Loloskan Timnas China ke Olimpiade 2020

Guus Hiddink Dituntut Loloskan Timnas China ke Olimpiade 2020

7upcash – Spesialis pelatih sementara di Chelsea, Guus Hiddink, mendapat tugas memastikan China lolos ke putaran final Olimpiade 2020 di Tokyo. Guus Hiddink Dituntut Loloskan Timnas China ke Olimpiade 2020

Guus Hiddink Dituntut Loloskan Timnas China ke Olimpiade 2020

Penunjukan pria asal Belanda untuk menangani timnas U-21 China itu resmi diumumkan pada hari Senin kemarin. Guus Hiddink, 71 tahun, menjadi pelatih terkenal lainnya yang pindah ke China sejak presiden negara itu, Xi Jinping, menyatakan keinginannya untuk menjadikan negaranya menjadi kekuatan sepakbola global.

Hiddink bergabung dengan manajer pemenang Liga Champions dan Piala Dunia, Marcello Lippi, dalam daftar pelatih yang digaji oleh Federasi Sepakbola China (CFA). Manajer Italia berusia 70 tshun tersebut mempersiapkan tim senior untuk putaran final Piala Asia di Uni Emirat Arab pada bulan Januari.

Pelatih top lainya seperti Luiz Felipe Scolari, Fabio Capello, Manuel Pellegrini dan Andre Villas Boas juga telah menjalankan tugas mereka masing-masing dengan berbagai klub di Liga Super China.

Penunjukan Hiddink diumumkan di situs web resmi Asosiasi Sepak Bola China. Dikatakan dia ditugaskan untuk memimpin negeri tersebut hingga ke Kejuaraan Asia U-23 2020, yang berfungsi sebagai kualifikasi final untuk Olimpiade.

Hiddink tidak asing dengan sepakbola di Asia. Sebelum ini ia telah memimpin Korea Selatan ke semi final Piala Dunia 2002 sebelum membawa Australia ke babak 16 besar untuk pertama kalinya empat tahun kemudian di Jerman.

Pekerjaan terakhir Hiddink sebelum diangkat menjadi pelatih U-21 China adalah sebagai manajer sementara tim Premier League Chelsea. Ia dua kali jadi pelatih sementara di Stamford Bridge, setelah sebelumnya juga menangani tim itu sementara nyambi jadi pelatih utama timnas Rusia 2006 sampai 2010.

China belum pernah lolos ke babak final turnamen Olimpiade sejak tahun 2008 ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade.