Empat tim sudah memastikan lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020. Keempat tim itu adalah Timnas Spanyol, Prancis, Belgia dan Italia.

Jadwal semifinal UEFA Nations League 2020 rencananya digelar pada 6-7 Oktober 2021. Selanjutnya, final kompetisi ini akan diselenggarakan pada 10 Oktober 2021.

Untuk menentukan masing-masing lawan di semifinal nanti, termasuk tuan rumahnya, terlebih dahulu akan digelar undian pada 3 Desember 2020.

Berbeda dengan babak penyisihan UEFA Nations League 2020 yang mengenal konsep kandang dan tandang, babak semifinal akan dimainkan dengan sistem gugur satu leg yang terdiri dari dua semifinal, play-off tempat ketiga, dan partai final.

Sebelumnya, fase grup UEFA Nations League 2020 memasuki fase akhir. Terakhir, Timnas Italia dan Belgia lolos ke semifinal usai menaklukkan lawan-lawannya pada pertandingan yang digelar Kamis dinihari WIB (19/11/2020).

Belgia dan Italia

Belgia lolos ke babak 4 besar setelah kalahkan Denmark 4-2. Dengan hasil tersebut Belgia kini memuncaki klasemen Grip A 1 dengan nilai 15.

Pada laga lain, Timnas Italia juga memastikan lolos ke semifinal UEFA Nations League A 2020. Pada laga keenam, Lorenzo Insigne dan kawan-kawan sukses menaklukkan Bosnia & Herzegovina dengan skor 2-0 di Stadion Grbavica, Sarajevo.

Spanyol dan Prancis

Sehari sebelumnya, Spanyol menghancurkan Jerman 6-0 di Estadio Olimpico de Sevilla. Kemenangan ini mengantarkan Spanyol ke semifinal UEFA Nations League musim ini. Mereka memuncaki klasemen akhir Grup A4 dengan koleksi 11 poin dari enam pertandingan.

Pada saat yang bersamaan, juara Piala Dunia 2018, Perancis, membungkam Swedia 4-2 di Stade de France. Kemenangan ini tidak berpengarhuh lagi bagi Perancis karena mereka sudah meraih tikel final four pada matchday lima.