Timnas Italia melangkah mulus pada dua laga awal fase grup Euro 2020. Pasukan Roberto Mancini pun kini menjelma menjadi ‘mesin’ pemburu kemenangan.

Italia menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 Besar Euro 2020. Gli Azzurri lolos usai mengantongi dua kemenangan yakni lawan Turki dan Swiss. Italia masih punya satu laga di fase grup yakni melawan Wales.

Saat ini, Italia berada di puncak klasemen Grup A. Jorginho dan kolega mendapatkan enam poin, mencetak enam gol, dan belum kebobolan. Apa pun hasil laga melawan Wales, Italia tetap lolos ke 16 Besar.

Leon Osman, pandit BBC Sport, sangat takjub melihat cara bermain Italia pada dua laga awal Euro 2020. Leon Osman yang pernah bermain untuk Everton menilai Gli Azzurri bukan hanya menang tapi tampil dominan.

“Mereka memegang kendali dari awal hingga akhir dan terlihat seperti tim yang harus diperhatikan orang,” ucap Leon Osman.

Italia sejatinya tampil apik sejak persiapan berlaga di Euro 2020. Italia selalu menang pada 10 laga terakhir, mencetak 31 gol, dan tidak kebobolan. Italia kini jadi mesin pemburu kemenangan.

“Italia adalah mesin pemenang tapi mereka belum pernah melawan tim-tim yang sangat besar jika Anda amati. Jika Anda melihat Italia, mereka belum teruji. Itu hanya dibutuhkan klub top,” kata Leon Osman.

Pada 10 laga terakhir, lawan yang dihadapi Italia boleh dibilang masih berada di bawah kualitas mereka. Tidak ada negara-negara dengan tradisi sepak bola bagus seperti Portugal, Jerman, atau Inggris dalam daftar lawan yang dihadapi Italia.

Melihat catatan bagus Italia, Leon Osman yakin ada banyak negara besar yang penasaran. Leon Osman memprediksi saat ini ada banyak pihak yang memeriksa cara bermain Italia.

“Negara-negara yang lebih besar akan bertanya-tanya seperti apa mereka ketika mereka tidak menguasai bola, tetapi secara ofensif mereka terlihat sangat, sangat bagus,” kata Leon Osman.