Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi mengumumkan jadwal digelarnya lagi Shopee Liga 1 2020. Ajang elite sepak bola Indonesia itu akan kembali kickoff mulai 1 Oktober 2020.

Kepastian itu tertuang dalam surat yang ditujukan PT LIB ke manajemen klub peserta Shopee Liga 1 2020 tertanggal 10 Juli 2020. Surat yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, memutuskan tujuh poin seputar kembali bergulirnya Liga 1.

“Bahwa pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dimulai pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021 dengan title “Extraordinary Competition” dan dengan catatan bahwa jadwal tersebut akan mengikuti situasi perkembangan pandemi COVID-19,” bunyi surat tersebut.

PT LIB juga mengonfirmasi kelanjutkan kompetisi musim ini dimulai pekan keempat. Kompetisi akan bersifat kompetisi penuh alias double round robin dan seluruh pertandingan digelar tertutup.

“Seluruh pertandingan dilaksanakan tanpa penonton. Bahwa sistem kompetisi sifatnya melanjutkan mulai dari match week 4 dengan format double round robin,” tambah pernyataan tersebut.

Kompetisi juga dilakukan dengan sentralisasi di Jawa. Klub Shopee Liga 1 2020 yang berasal dari luar Jawa akan berpusat di Yogyakarta sebagai homebase.

“Seluruh pertandingan akan dilaksanakan di Pulau Jawa sehingga klub dari luar Pulau Jawa akan

Selain itu, PT LIB menunggu respons dari klub-klub yang berada di luar Jawa mengenai penggunan stadion di Shopee Liga 1 2020. Hal itu wajib disampaikan paling lambat pada 15 Juli 2020.

“LIB menyampaikan permintaan konfirmasi penggunaan homebase/stadion yang akan digunakan oleh masing-masing klub dalam pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 2020,” tegas pernyataan PT LIB.

PT LIB juga berencana untuk mematangkan kelanjutan kompetisi dengan menggelar pertemuan bersama klub-klub Shopee Liga 1 2020. Rencananya, pertemuan yang akan digelar secara virtual itu dilangsungkan pada Jumat (17/7/2020).