oleh

Kvaratskhelia Pemain Terbaik Serie A Italia 2023

Penyerang sayap Napoli Khvicha Kvaratskhelia dinobatkan sebagai pemain terbaik Serie A atau Liga Italia musim 2022/2023 setelah sukses mengantarkan Napoli merengkuh gelar juara.

Pemain berkebangsaan Georgia itu mencatatkan 12 gol dan 10 assists di Serie A, menjadi salah satu aktor utama bersama dengan tandemnya di lini depan Victor Osimhen untuk membawa scudetto ke Kota Napoli.

Meski menjalani musim perdana di Serie A, pemain berjuluk Kvaradona itu dapat mencuri hati seluruh suporter Napoli melalui kontribusinya di dalam lapangan dan puncaknya membawa gelar scudetto yang dinantikan Kota Napoli selama 33 tahun.

Didatangkan dari klub Dinamo Batumi, pemain berusia 22 tahun itu langsung mengemban tugas berat dari pelatih Luciano Spalletti dengan diplot sebagai pengganti salah satu legenda Napoli Lorenzo Insigne yang hengkang.

Dilansir laman resmi Serie A, berikut daftar pemain yang memperoleh penghargaan:

Pemain terbaik : Khvicha Kvaratskhelia – Napoli
Kiper terbaik : Ivan Provadel – Lazio
Bek terbaik : Kim Min-Jae – Napoli
Gelandang terbaik : Nicolo Barella – Inter Milan
Penyerang terbaik: Victor Osimhen – Napoli
Pemain U-23 terbaik: Nicolo Fagioli – Juventus

Biodata dan Profil Khvicha Kvaratskhelia

Khvicha Kvaratskhelia merupakan pesepak bola berkebangsaan Georgia yang lahir pada 12 Februari 2001 di kota Tiflis. Sehingga usianya kini menginjak 22 tahun.

Diketahui dari sosial medianya, agama Khvicha Kvaratskhelia yaitu Kristen Ortodoks. Pemain bertinggi 183 cm ini menempati posisi sayap kiri dengan opsi sayap kanan dan second striker.

Khvicha Kvaratskhelia memulai karier kulit bundarnya bersama Dinamo Tbilisi pada 20 September 2017. Berselang setahun ia direkrut oleh Rustavi dengan nilai Rp3,13 miliar.

Pada 12 Februari 2019, Khvicha Kvaratskhelia dipinjamkan ke Loko Moscow selama 5 bulan. Selisih sebulan usai kepulangannya justru langsung diboyong oleh Rubin Kazan dengan harga Rp10,43 miliar.

Berselang tiga tahun, Khvicha Kvaratskhelia digaet oleh Dinamo Batumi dengan lonjakan banderol yang cukup signifikan yakni Rp139,05 miliar. Hanya membutuhkan lima bulan untuk SSC Napoli memantapkan untuk memboyongnya.

Lalu tepat 1 Juli 2022 mereka berhasil membawa pulang Khvicha Kvaratskhelia dengan nilai Rp199,89 miliar. Hingga kini masih memperkuat Napoli bahkan digadang-gadang jadi titisan Diego Maradona.