Berita Sepak Bola – Hingga saat ini kompetisi top di lima negara di Eropa sudah melewati separuh dari perjalanan musim 2019-2020. Lima kompetisi itu adalah Liga Inggris (Premier League), Spanyol (La Liga), Italia (Serie A), Prancis (Ligue 1), dan Jerman (Bundesliga).

Tak dimungkiri, Liga Inggris jadi yang paling menyita perhatian pencinta sepak bola global. Namun, musim ini, rupanya liga yang dianggap paling gemerlap itu tidak lagi menyuguhkan pertempuran seru seperti musim lalu.

Acuannya, Liverpool yang berada di puncak klasemen sementara Premier League, terlalu cepat dan jauh meninggalkan pesaing dalam perburuan gelar, sekalipun dengan juara bertahan Manchester City, dan langganan penghuni lima besar seperti Chelsea, Arsenal, Manchester United, hingga Tottenham Hotspur.

The Reds saat ini kukuh di puncak dengan koleksi poin 73 dari 25 pertandingan atau terpaut 22 poin dari Manchester City (51), yang ada di urutan kedua.

Gap itu bahkan jadi yang terbesar di antara lima kompetisi top di Benua Biru lainnya.

Ligue 1, jadi kompetisi big five di Eropa kedua, yang memiliki gap besar di antara pemuncak klasemen sementara dengan tim di bawahnya.

Hingga pertandingan ke-24 musim ini, Paris Saint-Germain (PSG), yang ada di puncak klasemen, masih mendominasi dengan mengumpulkan poin 61. Koleksi itu berselisih 12 poin dari tim penghuni peringkat kedua, Olympique de Marseille (49).

Di atas kertas, gelar juara Premier League dan Ligue 1 musim ini sudah di depan mata Liverpool maupun PSG. Sulit bagi tim di bawah keduanya untuk mendongkel dan membuat kejutan.

Berbeda dari Premier League dan Ligue 1 musim ini, perebutan gelar juara di tiga kompetisi top Eropa lainnya, yakni La Liga, Bundesliga, dan Serie A masih menyajikan persaingan seru dan panas.

Di La Liga, misalnya, kendati masih didominasi Real Madrid dan Barcelona, kedua tim itu saling sodok untuk menguasai puncak klasemen. Hingga pertandingan ke-23 musim ini, Los Blancos masih di posisi teratas dengan poin 52, unggul tiga poin atas Blaugrana yang ada di posisi kedua (49).

Bergeser ke Bundesliga, kompetisi kasta teratas Liga Jerman ini menyajikan persaingan yang lebih seru.

Dua klub, Bayern Munchen dan RB Leipzig, bersaing keras menduduki takhta. Hingga 21 pertandingan, Die Roten dan Die Bullen hanya terpisah satu poin saja, 43 dan 42. Di peringkat kedua ada Borussia Dortmund yang menempel dengan poin 39.

Dari lima kompetisi top Eropa musim ini, label paling panas mungkin bisa disematkan ke Serie A. Acuannya, tentu kejar-mengejar poin setiap pekan. “Pelakunya” ada tiga tim, yakni Inter Milan, Juventus, dan Lazio.

Pada awal-awal musim, persaingan seolah menjadi milik Inter Milan dan Juventus. Namun, belakangan Lazio ikut menyodok, memanaskan persaingan scudetto 2019-2020.

Hingga partai ke-23 musim ini, Inter Milan dan Juventus mengoleksi poin sama, yakni 54. Untuk sementara, Il Nerazzurri berhak berada di posisi puncak karena unggul selisih gol atas Bianconeri.

Sedangkan Lazio, yang ada di urutan ketiga, tak kalah panas dengan mengumpulkan poin 53.

Jadi, tidak salah jika sejauh ini Serie A dinyatakan sebagai liga paling ketat di antara lima kompetisi top Eropa. Menarik pula menanti siapa yang akhirnya keluar sebagai juara di akhir musim nanti, apakah persaingan ketat masih akan terjadi hingga akhir.