Legenda Arsenal Martin Keown ikut mendamprat Nicolas Pepe karena melakukan tindakan tidak profesional saat bermain melawan Leeds United.

Mikel Arteta memberikan Pepe kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya saat Arsenal berduel dengan Leeds di pekan ke sembilan Premier League 2020-21 di Elland Road, Minggu (22/11/2020). Namun ia tak bisa menggunakan kesempatan itu secara maksimal.

Malahan, ia cuma bermain selama 51 menit saja di lapangan. Bukan karena diganti tapi karena ia melakukan aksi tak terpuji.

Pepe menanduk pemain lawan, Ezgjan Alioski. Pemain asal Pantai Gading itu pun mendapatkan kartu merah secara langsung.

Aksi Nicolas Pepe itu pun mendapatkan kritikan dari Martin Keown. Ia mengatakan aksinya itu akhirnya malah merugikan Arsenal.

“Ini kesempatan kedua Nicolas Pepe memulai laga sebagai starter musim ini meskipun tiba dengan label harga 72 juta pounds pada musim panas 2019. Pemain yang mencetak rekor transfer di Arsenal ini harusnya bisa menggunakan kesempatan ini untuk meluncurkan kampanyenya,” tulis Keown di kolomnya untuk Daily Mail, via Sportsmole.

“Sebaliknya, perilakunya yang tidak profesional membuat timnya di bawah tekanan dan, pada akhirnya, manajer Mikel Arteta harus puas dengan mendapatkan poin tandang dengan 10 orang,” kritiknya.

Sebelum Martin Keown, Nicolas Pepe juga sudah disemprot oleh legenda Arsenal lainnya, Ian Wright. Ia menegaskan begitu kecewa melihat aksi pemain 25 tahun tersebut.

“Anda tidak boleh melakukan itu kepada orang lain di masa sekarang. Anda tidak bisa menghadap kepada orang lain seperti itu,” buka Wright dalam Premier League Production.

“Untuk seseorang yang selalu komplain soal jarangnya mendapatkan kesempatan bermain, seseorang yang saat ini diberi kesempatan dan membuat semua orang kecewa,” kata Wright lagi.

Nicolas Pepe musim ini sudah bermain sebanyak 13 kali. Ia baru mengemas tiga gol dan dua assist bagi Arsenal. Total ia mendapat kesempatan menjadi starter sebanyak empat kali saja pada musim 2020-21 ini.