Lini pertahanan masih jadi titik lemah Chelsea musim ini. Masalah ini sudah ada sejak musim lalu, dan Frank Lampard belum bisa menyelesaikannya sampai sekarang.

Chelsea punya lini serang tangguh, mudah mencetak banyak gol. Namun, di ujung lapangan lainnya, pertahanan mereka pun mudah membiarkan lawan mencetak gol.

Lampard mengakui masalah ini, bahkan tidak mencoba membantahnya. Dia hanya merasa timnya butuh waktu untuk mencapai level terbaik, pramusim kemarin terlalu singkat, ada banyak pemain baru.

Masalah Chelsea di lini belakang terbagi rata. Ada kiper yang terus mengecewakan, juga ada bek-bek tengah yang gagal memenuhi ekspektasi.

Situasi ini pun diamati oleh mantan kiper Chelsea, Rob Green. Baginya, Chelsea sedikit terlambat menyadari perlunya menyegarkan lini belakang.

Sekarang Chelsea sulit meraih clean sheets, dan dengan mudah membiarkan lawan menyamakan kedudukan. Menyelesaikan masalah ini butuh waktu cukup lama.

“Mereka sedang melenceng saat ini kan? Mereka sudah mendatangkan Frank [Lampard], Petr Cech, dan sosok senior lain untuk menghidupkan kembali lingkungan itu,” buka Green kepada Sky Sports.

“Untuk mengembalikan atmosfer klub seperti sedia kala.”

Masalah pertahanan Chelsea terlihat jelas akhir pekan lalu. Mereka ditahan imbang Southampton 3-3 setelah sebelumnya sempat unggul 2-0.

Menurut Green, jika Chelsea ingin menghidupkan kembali lini belakang seperti era Petr Cech, John Terry, dan Ricardo Carvalho, kuncinya ada pada dasar yang kuat.

“Saya kira itu semua harus dibangun pada dasar solid pemain-pemain yang konsisten. Konsistensi empat bek maupun kiper, dalam Petr Cech, John Terry, dan Ricardo Carvalho,” sambung Green.

“Mereka mencoba menghidupkan kembali lini belakang seperti itu, mereka mencoba menjelaskannya pada para pemain. Namun, itu mustahil tanpa dasar yang solid,” tutupnya.