Debut Lionel Messi bersama Paris Saint-Germain (PSG) diwarnai pecahkan rekor penonton televisi Liga Prancis. Pertandingan tersebut juga sangat diminati di Spanyol.

Messi melakukan debutnya bersama PSG saat berlaga di kandang Reims dalam laga pekan keempat, Ahad malam. Ia masuk sebagai pada menit ke-65, menggantikan Neymar. Saat dia masuk skor sudah 2-0 berkat dua gol Kylian Mbappe. Skor itu bertahan hingga akhir laga.

Aksi Messi itu menarik minat banyak penonton. Selain yang hadir langsung di stadion, minat luar biasa juga terlihat dari jumlah tayangan televisi.

Menurut media Prancis, L’Equipe, lebih dari 10,5 juta orang di Prancis menonton tayangan pertandingan tersebut. Ini menjadi rekor baru di Liga Prancis.

Aksi perdana Messi juga diminati di Spanyol, negara tempat pemain itu selama ini bermain bersama Barcelona. Kosmos Holding, perusahaan Gerard Pique, mengamankan hak atas Ligue 1 dan siaran pertama mereka adalah pertandingan liga Prancis Reims vs PSG.

Tayangan siaran langsung itu menorehkan sejarah sebagai tayangan pertandingan Liga Prancis yang paling banyak ditonton di Spanyol. Ada rata-rata 343.000 penonton dan 2 juta pemirsa unik Spanyol di saluran Twitch Ibai Llanos, yang menayangkan pertandingan itu secara gratis. Juga ada rata-rata 2.214.000 penonton untuk saluran TV Telecinco.

Secara total, penonton di Spanyol mencapai 6.734.000. Jumlah itu menggambarkan meningkatnya minat atas pertandingan PSG setelah kehadiran Messi.

Fan dari seluruh dunia kini juga dikabarkan memburu tiket untuk melihat aksi La Pulga secara langsung di Prancis. Penggmar jenis ini cukup banyak datang dari Cile, Korea Selatan, dan India. Mereka kemungkinan akan mulai menyaksikan aksi Lionel Messi setelah jeda internasional, saat PSG melawan Clermont dalam lanjutan Liga Prancis pada 11 September di Paris.