Prediksi Spanyol di Euro 2020 – Tim nasional (Timnas) Spanyol tergabung dalam Grup E di putaran final Euro 2020. La Roja bakal bersaing dengan Swedia, Polandia, dan juara play-off Path B. Tim Matador diuntungkan di babak penyisihan karena menggelar pertandingan di negaranya sendiri, yakni Stadion San Mames, Bilbao.

Mengawali penampilan perdana, Spanyol bakal meladeni Swedia pada Selasa (16/6) pukul 02.00 WIB. Berikutnya, Sergio Ramos dan kawan-kawan dijadwalkan menghadapi Polandia, yang dihelat Minggu, (21/6), pukul 02.00 WIB.

Terakhir, skuad asuhan Luis Enrique kembali bertanding melawan pemenang play-off Path B. Semua pertandingan ini bakal diselenggarakan di Stadion San Mames, Bilbao, karena Spanyol berstatus salah satu tuan rumah gelaran Euro 2020.

Berdasarkan pengalamannya selama tampil di Piala Eropa, Spanyol tercatat berhasil tiga kali menorehkan trofi, yakni pada edisi 1964, 2008, dan 2012.

Pada edisi 1964, La Roja mengalahkan Uni Soviet dalam laga puncak yang dihelat di Santiago Bernabeu, dengan skor akhir 2-1. Gol Jesus Pareda dan Mercelino Martinez Cao hanya bisa dibalas satu gol via Galimzyan Khusainov. Spanyol pun memperoleh trofi perdananya di level Eropa saat tampil di depan publik sendiri.

Untuk bisa meraih trofi kedua, Spanyol membutuhkan waktu hingga 44 tahun kemudian. Pada Euro 2008 yang dihelat di Austria dan Swiss, tim Matador mengalahkan Jerman dalam pertandingan final dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal dilesakkan oleh Fernando Torres.

Berikutnya, Spanyol yang kala itu diarsiteki oleh Vicente del Bosque meraih gelar ketiga pada Euro 2012. Pada laga puncak yang digelar di Stadion Olympiade, Kiev, Ukraina, Spanyol mengalahkan Italia dengan skor telak, 4-0. Empat gol disumbangkan oleh David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata.

Meski bertindak sebagai tuan rumah Euro 2020, namun Spanyol lolos dengan status juara babak penyisihan Grup F tanpa menelan kekalahan. La Roja mengumpulkan total 26 poin, hasil delapan kali menang dan dua kali kalah. Mereka pun mengungguli Swedia sebagai runner-up dengan selisih lima angka.

Spanyol ditangani oleh Robert Moreno selama babak penyisihan hingga lolos putaran final. Namun, RFEF selaku Federasi Sepakbola Spanyol kembali mengangkat Luis Enrique sebagai juru taktik tim yang bakal mendampingi David De Gea dan kolega pada EURO 2020 ini.

Sebelumnya, Luis Enrique mengundurkan diri dari posisinya sebagai arsitek Timnas Spanyol dengan alasan pribadi dan digantikan oleh Robert Moreno yang kala itu berstatus asisten pelatih.

Sempat absen di dunia sepakbola setelah putri kandungnya meninggal, eks pelatih Barcelona ini menyatakan kondisinya saat ini baik-baik saja dan sudah mengikuti perkembangan para pemain Spanyol.

“[Kondisi] Saya sangat bagus, melakukan yang saya sukai, bekerja dan mengikuti [perkembangan] para pemain. Saya sangat senang sekarang,” beber Enrique, dilansir Marca, Rabu (8/12/2020).

Dengan prestasinya yang mampu mengantarkan Barca meraih gelar treble winner 2014/2015 yakni juara La Liga, Liga Champions, dan Copa del Rey, serta Piala Dunia antarKlub 2015, Enrique berpeluang mempersembahkan trofi keempat bagi Spanyol pada ajang Euro 2020.

JADWAL SPANYOL DI EURO 2020

Selasa, 16 Juni 2020
Spanyol vs Swedia, di Stadion San Mames, Bilbao, pukul 02.00 WIB.

Minggu, 21 Juni 2020
Spanyol vs Polandia, di Stadion San Mames, Bilbao, pukul 02.00 WIB

Rabu, 24 Juni 2020
Spanyol vs Juara play-off Path B, di Stadion San Mames, Bilbao, pukul 23.00 WIB