Manajer Arsenal, Mikel Arteta, membuat sebuah pengakuan bahwa dia mengagumi Jose Mourinho. Di mata Arteta, sosok Mourinho punya karakter yang unik dan layak untuk dihargai atas prestasinya.

Akhir pekan ini, Mikel Arteta dan Jose Mourinho akan berjumpa sebagai lawan. Arsenal akan menjadi tamu bagi Tottenham pada laga pekan ke-11 Premier League musim 2020/2021.

Duel ini akan digelar di Tottenham Hotspur Stadium pada Minggu (6/12/2020) malam WIB. Laga bertajuk Derbi London ini punya arti yang sangat penting bagi kedua tim.

Arsenal butuh kemenangan untuk bisa memperbaiki posisi di klasemen. The Gunners kini berada di posisi ke-14. Sedangkan, Tottenham harus menang demi bertahan di puncak klasemen Premier League.

Arsenal di bawah Mikel Arteta acap kali dinilai bermain pragmatis. Mereka tak lagi mencoba bermain menghibur seperti era Arsene Wenger. Kini, Arsenal mirip dengan karakter tim-tim yang dilatih Mourinho.

“Saya mengenal Mourinho dengan baik. Kami menghabiskan waktu bersama di Barcelona dan kami sudah berjumpa sebagai lawan jutaan kali,” ucap Mikel Arteta dikutip dari SportsMole.

“Saya mengagumi Mourinho.”

“Saya pikir, apa yang sudah dia lakukan di sepak bola itu luar biasa. Luar bias. Dia punya karakter dan kepribadian yang unik. Menurut saya, dia adalah sosok yang harus dihargai dan kagumi di sepak bola,” kata Mikel Arteta.

Jose Mourinho telah meraih banyak gelar bersama tim-tim yang dilatihnya. Catatan itu menjadi bukti sahih akan kualitasnya. Namun, di mata Mikel Arteta, ada hal yang lebih penting dari gelar juara.

“Mourinho pemberani dan dia punya keunggulan untuk mengirimkan mentalitas kepada semua orang untuk terus menang. Mentalitas itu bagi saya adalah yang membuatnya sangat istimewa.”

“Saya, sebagai pelatih muda, saya tahu apa yang diperlukan untuk duduk di tempat kami berada dan cara dia melakukannya di berbagai negara membutuhkan banyak keberanian,” katanya.