Manchester City menang 5-0 menjamu Norwich City di Etihad Stadium pada pekan ke-2 Premier League 2021/22, Sabtu (21/8/2021). Kiper Norwich, Tim Krul ‘membuat’ sejarah baru untuk Manchester City dalam laga ini.

Baru tujuh menit, Manchester City sudah unggul 1-0. Gol itu tercipta dari bunuh diri Tim Krul.

Setelah itu, Manchester City menambah empat gol lagi melalui Jack Grealish menit 22, Aymeric Laporte menit 64, Raheem Sterling menit 71, dan Riyad Mahrez menit 84.

Pada pekan pembuka, Manchester City tidak mencetak gol dan kalah 0-1 dari tuan rumah Tottenham. Gol bunuh diri Krul pun menjadi gol pertama Manchester City di Premier League 2021/22.

Sepanjang sejarah partisipasi Manchester City di Premier League, ini tak pernah terjadi sebelumnya.

Di era Premier League, atau sejak musim 1992/93, Manchester City hanya sekali bermain di divisi dua. Itu terjadi pada musim 2001/02.

Dengan demikian, termasuk musim ini, berarti Manchester City sudah 25 musim di Premier League.

Selama ini, berdasarkan catatan Opta, gol pertama Manchester City di setiap musim baru Premier League selalu dicetak oleh pemain-pemainnya sendiri. Namun, ada yang berbeda musim ini, karena gol pertama mereka justru tercatat atas nama pemain lawan yang mencetak gol bunuh diri.

Pemain lawan yang ‘membuat’ sejarah baru untuk Manchester City itu adalah kiper 33 tahun Belanda, Tim Krul.

Berstatus juara bertahan, Manchester City mengawali musim ini dengan kekalahan di kandang Tottenham. Namun, tim besutan Josep Guardiola itu langsung bangkit dengan menghantam Norwich di pekan kedua.

Grealish, yang dibeli seharga 100 juta pound dari Aston Villa di awal musim, menyumbang satu gol dalam kemenangan Manchester City ini.

Itu adalah gol perdana winger/gelandang serang 25 tahun Inggris tersebut untuk klub barunya. Sekarang, dia dan rekan-rekannya pun pasti percaya diri menatap laga berikutnya, yakni kontra Arsenal pekan depan.