oleh

Ousmane Dembele Bakal Jadi Kapten Barcelona 2023/2024

Barcelona ditinggal banyak pemain senior yang juga menjadi kapten usai musim 2022/2023 berakhir. Barcelona kemudian harus mencari kapten baru dan salah satu kandidatnya adalah Ousmane Dembele.

Musim 2022/2023 terbilang cukup sulit bagi Barcelona. Namun, klub Catalan berhasil mengakhiri musim dengan gelar juara La Liga.

Barcelona harus memecat pemain yang lebih tua satu per satu untuk pindah. Gerard Pique menjadi pemain pertama yang memutuskan hengkang dari Barcelona. Sergio Busquets dan Jordi Alba kemudian mengikuti jejak Pique.

Ketiga pemain ini berperan penting bagi Barcelona. Tidak hanya di tingkat teknis, tetapi juga di tingkat administrasi. Kini Barcelona harus mencari kapten baru, karena Busquets dan Alba hengkang dari Camp Nou.

Kandidat kapten Barcelona

Jika merujuk pada daftar kapten musim terakhir, ada dua nama yang hampir pasti menjadi kapten musim 2023/2024. Mereka adalah Sergi Roberto dan Marc-Andre ter Stegen. Mereka telah menjadi kapten sejak musim lalu.

Namun, Barcelona dengan dua kapten saja tidak cukup. Klub Catalan menunjuk setidaknya empat pemain sebagai kapten. Selain Roberto dan Ter Stegen, ada tiga calon kapten Barcelona. Ketiga pemain tersebut adalah Robert Lewandowski, Frenkie de Jong dan Ousmane Dembele.

Lewandowski adalah sesepuh yang dihormati. Secara teknis, dia juga sangat penting bagi Barcelona. Frenkie de Jong juga memainkan peran penting di ruang ganti. Sementara itu, Ousmane Dembele merupakan pemain yang menikmati musim panjang di Barcelona.

Dembele membela Barcelona selama enam musim. Tidak banyak pemain Barcelona yang melayaninya lebih lama. Hanya ada Sergi Roberto yang bekerja lebih lama dari Dembele, yakni 11 musim.

Menurut SPORT, faktor inilah yang membuat Dembele menjadi kandidat kapten Barcelona musim 2023/2024. Meski bukan kapten utama, winger berusia 26 tahun itu dinilai layak mengemban peran kapten karena loyalitasnya kepada klub.

Masih ada rumor Dembele meninggalkan Barcelona musim demi musim. Banyak klub yang tertarik dengan jasa pemain Prancis. Namun, dia memutuskan untuk bertahan di Barcelona. Xavi menghargai keterampilan dan kesetiaan Dembele.