Bernd Leno ingin bertahan dan membawa klubnya, Arsenal, kembali berpentas di Liga Champions. Harapan yang tidak begitu realistis jika melihat bagaimana the Gunners berjalan dalam beberapa tahun terakhir.

Masa-masa penurunan Arsenal sudah mulai terendus bahkan ketika Arsene Wenger masih menduduki kursi kepelatihan. Itu juga yang membuat pria asal Prancis tersebut mengakhiri 22 tahun perjalanan karirnya sebagai pelatih the Gunners.

Ternyata, mengganti pelatih bukan jawaban yang tepat untuk membangkitkan Arsenal. Unai Emery telah dipastikan gagal, yang terbukti dari surat pemecatannya yang beredar di tahun 2018 lalu.

Mikel Arteta yang ditunjuk sebagai penggantinya pun belum memenuhi harapan publik sejauh ini. Malahan, di tangan pria asal Spanyol tersebut, Arsenal lebih sering berada di sekitar papan tengah klasemen Premier League.

Arsenal absen dari pagelaran Liga Champions selama empat musim terakhir. Dalam kurun waktu tersebut, Arsenal lebih sering berpartisipasi dalam kompetisi kasta kedua Eropa, Liga Europa.

Sudah jelas alasannya: Arsenal tak pernah finis di empat besar. Meraih tiket ke Liga Champions terdengar seperti harapan yang muluk-muluk buat mereka, setidaknya sampai sekarang. Namun Leno memendam harapan yang muluk-muluk tersebut.

“Saya tidak ingin kabur dari sini, saya merasa baik dan ingin meraih kesuksesna lagi bersama Arsenal. Arsenal adalah klub besar, yang sangat dipandang sebelah mata di Jerman,” tutur Leno kepada Sport1.

“Fans Arsenal berada di seluruh penjuru dunia. Saya masih memiliki sisa dua tahun dalam kontrak, dan berharap bisa bermain di Liga Champions lagi bersama Arsenal,” lanjutnya.

Leno mengungkapkan kalau fokusnya untuk sekarang hanya untuk Arsenal. Namun jika dirinya mendapatkan tawaran untuk bermain di negara lain, pria berumur 29 tahun tersebut siap membuka pintu lebar-lebar.

“Sudah jelas bahwa pada beberapa titik dalam karir, saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Sejauh ini saya baru bermain untuk dua klub saja,” kata Leno lagi.

“Mungkin saya akan mendapatkan dorongan untuk bermain di liga lain lagi, mungkin di bagian selatan. Tapi masih ada waktu. Saya masih berada di usia penjaga gawang papan atas. Namun saya hanya berfokus kepada Arsenal,” pungkasnya.

Masa depan Leno sendiri di Arsenal masih belum jelas. Sebab pihak klub dikabarkan ingin memulangkan Wojciech Szczesny yang sekarang bermain untuk Juventus. Langkah ini ditentang oleh beberapa kalangan termasuk eks pemain, Kevin Campbell.