Barcelona dan Los Angeles Galaxy telah mencapai kesepakatan untuk transfer Riqui Puig. Pemain berusia 22 tahun itu sudah diperkenalkan secara resmi lewat akun LA Galaxy.

Berdasarkan laporan dari Fabrizio Romano, Puig akan meneken kontrak berdurasi tiga tahun. Seluruh dokumen dan berkas kontrak telah ditandatangani.

Kontrak Puig sendiri hanya menyisakan satu tahun lagi di Barcelona atau sampai 2023. Namun, Los Angeles Times melaporkan bahwa Puig pindah tanpa ada sepeser biaya yang dikeluarkan.

Puig mencatatkan 42 penampilan bersama Barcelona di La Liga selama sekitar empat musim. Dalam pertandingannya tersebut, pemain tengah ini mencetak dua gol dan dua assist.

Dalam kesepakatan yang dicapai kedua belah pihak, Barcelona berhak membeli Puig kapanpun.

Tidak ada poin yang jelas soal berapa yang harus dikeluarkan Barcelona untuk bisa memboyongnya kembali jika diperlukan.

Barcelona juga akan mendapatkan 50% dari total penjualan Puig di masa depan. Tidak ada batas waktu berapa lama klausul ini bertahan.

Kedatangan Puig ke LA Galaxy menyusul dua nama besar yang sudah ada di dalam skuad. Di antaranya Javier ‘Chicarito’ Hernandez dan Douglas Costa.

Costa sendiri baru didatangkan pada awal bulan Juli lalu. Ia tiba di Amerika setelah sebelumnya berseragam Juventus.

Sementara itu, Chicarito datang lebih awal. Eks pemain Manchester United itu tiba pada awal tahun 2020 dari Sevilla.

Kepergian Puig sedikit disayangkan karena pemain yang masih belia ini gagal bersaing di skuad Barcelona. Padahal potensinya ada ketika Barcelona memutuskan merekrutnya ke tim U-16.

Puig tak kunjung menembus skuad utama. Padahal, dirinya sudah memulai debut pada tahun 2018 lalu.

Musim ini dengan keberadaan nama besar Frenkie De Jong, pemain baru Franck Kessie, serta sejumlah pemain yang lebih muda seperti Gavi dan Pedri membuat kesempatannya menembus skuad utama semakin sulit.