Timnas Belanda berhasil mengawali Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 2-0 atas Senegal pada Senin (21/11/2022) malam. Kemenangan perdana Belanda terjadi berkat penampilan apik Andries Noppert di bawah mistar gawang.

Padahal laga melawan Senegal merupakan debutnya bersama timnas Belanda. Namun, kepercayaan besar Louis van Gaal padanya berhasil dibalas dengan penampilan gemilang selama 90 menit jalannya laga.

Penyelamatan yang diciptakan Noppert berhasil membawa Belanda menang dua gol tanpa balas atas Senegal. Dalam laga tersebut, Noppert sukses mencatatkan empat penyelamatan gemilang yang membuat Belanda terhindar dari kebobolan.

Kemenangan ini tentu saja sangat berarti bagi Belanda sebagai langkah awal di Piala Dunia 2022. Terlebih lagi, mereka berhasil mendapatkan kemenangan tersebut melawan pesaing terberatnya di Grup A.

Andries Noppert memang tampil gemilang saat Belanda sukses bungkam Senegal dengan dua gol tanpa balas. Namun semua itu mungkin saja tak terjadi andai potensi Noppert tidak ditemukan oleh Louis van Gaal.

Meskipun tak memiliki kiper bintang, pelatih berusia 71 tahun tersebut mampu menemukan sosok yang tepat bagi timnas Belanda. Noppert yang sedang on fire di Heerenveen, akhirnya diberikan kepercayaan besar untuk menjadi starter di laga perdana Piala Dunia 2022 yang sekaligus menjadi debutnya di timnas Belanda.

“Membuat debutku di Piala Dunia (2022)? itu spesial. Saya pikir hanya satu pelatih (van Gaal) yang mampu membuat hal itu (debut Noppert) terjadi,” ujar Noppert dikutip dari The European Lad.