Persija Jakarta Puncaki Klasemen Grup H AFC Cup 2018

 

7upcash – yang dituai Persija atas wakil Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) dengan skor 4-0 dalam lanjutan matchday kelima babak penysisihan Group H Piala AFC 2018 berbuah manis. Pasalnya, saat ini tim berjuluk Macan Kemayoran itu untuk sementara waktu bertengger di puncak klasemen Group H. Persija Jakarta Puncaki Klasemen Grup H AFC Cup 2018

Persija Jakarta Puncaki Klasemen Grup H AFC Cup 2018

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, striker Persija, Marko Simic, tampil jadi bintang utama. Bagaimana tidak, pasalnya striker berpaspor Kroasia itu adalah sosok yang cetak empat gol untuk kemenangan Persija.

Posisi Persija sekarang ini di papan klasemen ditempel ketat oleh wakil Vietnam, Song Lam Nghe An, yang ada di tempat kedua. Baik Persija ataupun Song Lam sesungguhnya keduanya sama mengemas 10 poin. Pada matchday kelimanya, Song Lam juga menuai kemenangan, yaitu atas utusan Singapura, Tampines Rovers, dengan skor tipis 2-1.

Meski demikian, Persija tetaplah memiliki hak menempati tempat pertama karena unggul head to head atas Song Lam. Di fase group ini, Persija serta Song Lam sudah bersua dua kali. Pada pertemuan pertama, Song Lam ditahan imbang oleh Ismed Sofyan dan kolega dengan skor 0-0. Sementara pada pertemuan kedua, Persija berhasil menang tipis 1-0 atas Song Lam di SUGBK karena gol satu-satunya Addison Alves di menit ke-90+3.

Tidak ayal, dengan keadaan ini Persija jelas mempunyai kesempatan besar untuk dapat melaju ke babak selanjutnya dengan status jadi juara group. Pasalnya, saat ini JDT yang tempati tempat ketiga dengan tujuh poin, telah tidak mempunyai kesempatan jadi juara group lagi.

Pada matchday terakhir, JDT akan bertemu dengan Song Lam. Jika JDT menang, maka tim asal Malaysia itu tetap tidak dapat menggeser tempat Persija di tempat puncak, meskipun pada pertandingan terakhir Macan Kemayoran kalah dari Tampines. Pasalnya, Persija unggul head to head atas JDT dengan keseluruhan skor 4-3.

Sementara untuk Song Lam, untuk dapat jadi juara group, pada matchday terakhir mereka mesti menang atas JDT. Tetapi, hal tersebut tetap kurang karna di waktu yang berbarengan mereka juga harus mengharapkan agar Persija kalah atau bermain imbang dengan Tampines.

Sedang untuk Persija, untuk dapat jadi juara group, mereka hanya mesti menang di matchday terakhir Group H melawan Tampines, tanpa ada butuh mengkhawatirkan hasil laga yang lain. Unggul head to head atas Song Lam serta JDT jelas jadi keuntungan yang begitu bernilai untuk Persija saat ini.