Lanjutan Babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Amerika Selatan akhir bulan ini telah ditangguhkan setelah beberapa manajer klub Liga Premier menyarankan pemain tidak diizinkan bepergian karena pembatasan virus corona.

Negara di Amerika Selatan masuk dalam ‘daftar merah’ Inggris, yang berarti siapa pun yang kembali dari negara-negara tersebut harus menjalani karantina selama 10 hari, tanpa kecuali.

“Keputusan itu karena ketidakmungkinan mengandalkan semua pemain Amerika Selatan,” kata badan pengatur sepakbola Amerika Selatan Conmebol.

“FIFA akan menganalisis penjadwalan ulang putaran itu dengan berkoordinasi dengan Conmebol dan asosiasi anggota.”
Tim dijadwalkan untuk memainkan dua pertandingan pada 25 dan 26 Maret serta 30 Maret.

Badan sepak bola dunia FIFA sebelumnya mengatakan klub tak harus melepas para pemain jika mereka perlu karantina selama lima hari atau lebih saat mereka kembali.

Pekan lalu, manajer Manchester City Pep Guardiola mengatakan situasi untuk melepas para pemain ke timnas mereka tidak masuk akal.

Apalagi para pemain harus bepergian jika mereka harus karantina, sementara bos Liverpool Jurgen Klopp mengatakan juga keberatan dalam melepas para pemain dengan menambahkan: “Para pemain dibayar oleh klub jadi itu berarti kami harus menjadi prioritas pertama.”