EURO 2020 Malam ini – Swedia menjadi salah satu kontestan pada putaran final Euro 2020. Tahun ini merupakan tahun ke-6, Swedia berpartisipasi pada putaran final Euro sejak pertama kali ikut pada 1992 sebagai tuan rumah.

Euro 2020 boleh dibilang menjadi babak baru bagi Swedia sepeninggal bomber Zlatan Ibrahimovic. Maklum saja, Ibra adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah tim nasional Swedia dengan 62 gol.

Sepintas, pensiunnya Ibrahimovic membuat Swedia kehilangan juru gedor andal di lini depan. Namun hal itu ternyata membuka kesempatan bagi para pemain muda Blagult -julukan timnas Swedia.

Hal tersebut terbukti pada penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia. Tanpa Ibrahimovic, Swedia melaju hingga perempat final sebelum disingkirkan Inggris.

Kesuksesan Swedia melewati masa transisi selepas Ibrahimovic tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin pelatih Janne Andersson. Di bawah asuhannya, Swedia mengandalkan kolektivitas yang dibangun lewat perpaduan pemain muda dan senior.

Saat kualifikasi Euro 2020, Swedia bermaterikan pemain senior seperti Sebastian Larsson (33), kapten Andreas Granqvist serta Ola Toivonen (31). Di sisi pemain muda, Andersen memasukan nama Emil Forsberg (26), John Guidetti (26) dan Victor Lindelof (23).

Swedia masuk Grup E pada Euro kali ini. Mereka satu grup dengan Polandia, Spanyol, dan pemenang playoff jalur B.

Pemain Bintang: Emil Forsberg

Kehilangan Ibrahimovic memang mengurangi ketajaman Swedia. Namun itu bukan berarti mereka tidak punya amunisi lain.

Ya, Swedia masih punya Emil Forsberg yang bermain bagi RB Leipzig di Jerman. Memang, Forsberg bukan berposisi sebagai striker seperti Ibra.

Akan tetapi, kehadiran pemain berusia 26 tahun itu membuat Swedia tetap punya daya ledak. Tengok catatan Forsberg yang telah menyarangkan lima gol dari 10 kali main bagi Leipzig di Liga Jerman.

Di timnas Swedia, Forsberg lebih berperan sebagai pengumpan. Ditempatkan di sisi kiri, tugasnya adalah memimpin serangan dari sisi sayap untuk kemudian mengirim umpan matang kepada Marcus Berg yang berposisi sebagai striker.

Jalan Swedia Menuju Piala Eropa 2020

Swedia lolos ke putaran final Euro 2020 sebagai runner up grup F, di bawah Spanyol. Dari total 10 kali pertandingan, Swedia meraup 21 poin, hasil dari 6 menang, 3 imbang, 1 kalah.

Swedia memulai fase grup dengan kemenangan 2-1 atas Rumania, disusul hasil imbang 3-3 melawan Norwegia dan menang 3-0 atas Malta. Modal tiga laga tanpa kalah ternyata tak cukup membuat Swedia mampu mengalahkan Spanyol.

Oleh Tim Matador, Swedia digulung 0-3. Kekalahan menyakitkan itu diobati lewat kemenangan telak 4-0 atas Kepulauan Faroe.

Derby Skandinavia kembali terhelat ketika Swedia berjumpa Norwegia. Hasil pertandingan berakhir imbang 1-1.

Swedia menutup fase grup dengan kemenangan 3-0 atas Kepulauan Faroe. Pada matchday ke-9, mereka berhasil menahan imbang Spanyol 1-1.

Jadwal Swedia di Euro 2020

15 Juni 2020

Spanyol vs Swedia

19 Juni 2020

Swedia vs pemenang playoff jalur B

24 Juni 2020

Swedia vs Polandia