Pemain bertahan Bayern Munich, David Alaba dikabarkan AS, Sabtu (7/11/2020), telah menolak perpanjangan kontrak yang telah disodorkan oleh The Bavarians. Dengan penolakan tersebut, maka Alaba bisa menjadi pemain gratis alias bebas transfer di musim panas 2021 mendatang.

Tentunya mendengar kabar tersebut banyak klub yang langsung tertarik mendekati Alaba. Sebab pemain asal Austria tersebut bisa dikatakan adalah salah satu pemain belakang terbaik saat ini.

Jadi, wajar saja jika tim-tim seperti Paris Saint-Germain (PSG), Liverpool, Manchester City, dan Juventus dikabarkan langsung menghubungi Bayern untuk bisa membeli Alaba di musim panas 2021 nanti. Menariknya, ternyata Alaba justru dikabarkan tertarik untuk bermain di Real Madrid.

Agen Alaba, Pini Zahavi dilaporkan telah menjalin pembicaraan dengan pihak Madrid untuk membahas kepindahannya di musim panas 2020. Jadi, bisa dikatakan Los Blancos menjadi tim yang paling terdepan untuk mendapatkan tanda tangan bek berusia 28 tahun tersebut.

Satu hal yang menjadi pertanyaan nantinya adalah, andai kata Alaba jadi ke Madrid, maka pemain tersebut bakal dimainkan sebagai seorang bek tengah? Atau justru bermain sebagai fullback kiri, yangh mana merupakan posisi awal Alaba bersinar.

Seperti yang diketahui, Alaba dulunya dikenal sebagai salah satu fullback kiri terbaik di dunia. Ia bahkan kerap kali dibanding-bandingkan bek sayap Madrid, yakni Marcelo Vieira.

Akan tetapi, semenjak musim 2019-2020 Alaba dipindahkan menjadi seorang bek tengah oleh pelatih Bayern kala itu, yakni Niko Kovac. Kehadiran Alphonso Davies disebut-sebut menjadi alasan mengapa Alaba tersingkir sebagai fullback kiri dan terpaksa bermain sebagai bek tengah.

Kendati begitu, permainan Alaba di tengah justru tak kalah hebat. Ia mampu bermain dengan baik menjaga lini pertahanan Bayern dan membuat klub itu sukses dengan meraih gelar quadruple (empat gelar) di musim 2019-2020 tersebut.

Mengetahui Alaba yang bisa dimainkan di dua posisi itu, maka banyak yang langsung bertanya-tanya, bakal dimainkan di manakah pemain berusia 28 tahun tersebut di Madrid nanti.

Apakah Zinedine Zidane akan kembali membuat Alaba bermain sebagai fullback kiri dan membuat Marceloa tersingkir? Atau justru Alaba dimainkan untuk diduetkan bersama Sergio Ramos di lini pertahanan utama Madrid, yang membuat posisi Raphael Varane pada akhirnya tersingkir?

Semuanya tentu masih menjadi misteri. Namun, kemungkinan besar Zidane bakal menduetkan Alaba bersama Ramos sebagai bek tengah. Sebab selain Marcelo, Madrid sudah memiliki Ferland Mendy yang cukup menjanjikan sebagai seorang bek sayap kiri.

Sementara di posisi bek tengah, Varane kerap kali memperlihatkan performa yang menurun dalam beberapa musim terakhir. Ketika bermain tanpa Ramos, Varane terlihat sangat kesulitan untuk dapat menjaga lini pertahanan Madrid. Jadi, mungkin saja Varane digantikan oleh Alaba. Atau bisa jadi Alaba didatangkan untuk memperkuat Varane kembali yang kerap kesulitan jika tak diduetkan dengan Ramos.